Iklan

Optimalkan Pelayanan, Basarnas Mentawai Gandeng TNI, Polri dan Institusi Terkait

Jumat, 08 Maret 2019, Maret 08, 2019 WIB Last Updated 2019-03-08T07:55:06Z
Ilustrasi : Team SAR Sedang Persiapkan Peralatan Untuk Membantu Penyelamatan Korban Bencana

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Badan  Pencarian dan Pertolongan (Basarnas)  Kepulauan Mentawai masih kekurangan personel untuk dapat melakukan tindakan cepat apabila terjadi situasi darurat di sejumlah tempat di kawasan daerah yang dijuluki Bumi Sikerei ini.

Kepala Basarnas Mentawai Akmal saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengaku, saat ini lembaga pertolongan yang dipimpinnya hanya diperkuat  44 personel dan harus melayani 10 Kecamatan serta 43 Desa di Kepulauan Mentawai,  "memang untuk  Sumber Daya Manusia sendiri kita  masih sangat minim" katanya..

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk mengoptimalkan operasi pencarian dan pertolongan saat terjadi bencana, tenaga honorer seperti tenaga kebersihan (OB) dan Keamanan (Security) tetap  mendapatkan pengetahuan penyelamatan.

Ia mengungkapkan bahwa melihat geografis Kepulauan Mentawai, idealnya personel yang harus dimiliki Basarnas Kabupaten Kepulauan Mentawai berjumlah 187 orang khusus  untuk tenaga Rescue, "menurut kajian, itu idealnya SDM 187 orang. Itu khusus tenaga Rescue saja" tuturnya.

Akmal menambahkan,  pada prinsipnya pihaknya terus berupaya mengusulkan penambahan personil di tingkat pusat,  "iya,  kita selalu upayakan mengusulkan ke pusat. Dan itu keputusan pusat " ujarnya.

Saat ini untuk mengoptimalkan pelayanan, Basarnas Mentawai  menggandeng sejumlah instansi terkait, seperti TNI /Polri, BPBD dan Potensi SAR. (Nbl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Optimalkan Pelayanan, Basarnas Mentawai Gandeng TNI, Polri dan Institusi Terkait

Terkini

iklan2

Iklan