Iklan

Bangun Sinergitas, Pemkab Mentawai Gelar Apel Siaga Bencana

Jumat, 15 Maret 2019, Maret 15, 2019 WIB Last Updated 2019-03-15T09:39:02Z
Apel Siaga Bencana di Halaman Kantor BPBD Mentawai.

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Dalam Rangka Meningkatkan Aparatur / Personil yang siap Siaga, Tangkas dan Tangguh Menghadapi Bencana merupakan tema yang diangkat pada Apel Siaga Bencana Pemkab Mentawai, Jumat (15/03) di halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet pada amanat Apel gabungan tersebut mengatakan bahwa kegiatan kesiapsiagaan merupakan pergeseran paradigma dari penanganan menjadi pencegahan dan kesiapsiagaan, dimana hal itu akan membuka ruang yang lebih besar terhadap upaya-upaya pengurangan resiko bencana..

"Oleh karena bencana merupakan urusan bersama, untuk itu harus dilakukan edukasi kesiapsiagaan bencana, yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, seluruh pihak terkait harus mengambil peran masing-masing dalam menanggulangi bencana," paparnya. 

Ia menyebutkan secara umum bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja, untuk itu masyarakat tidak perlu merasa takut, namun tetap waspada, dimana kegiatan Apel Siaga Bencana tersebut merupakan hal yang biasa dilakukan untuk saling berkoordinasi dengan unsur terkait.

"Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat agar tetap tenang, yang penting kita waspada, jika ada isu benca yang diberitakan jangan terlalu ditanggapi sehingga menjadi sebuah ketakutan dan tidak melakukan aktivitas, tetapi kita tetap waspada, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tau kapan benca itu datang, nah kita dari pemerintah dan unsur TNI dan Polri serta instansi lain berupaya memastikan bahwa Mentawai siap, "pungkasnya.

Kegiatan yang bertepatan pada pelaksanaan TMMD-ke-104 di Wilayah Kodim 0319 Mentawai itu, pihak TNI juga menyatakan siap berperan dalam hal penanggulangan bencana dan turut memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait upaya Siaga Bencana tersebut..

"Kebetulan kegiatan ini bertepatan dengan Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104, maka kita bermaksud menyempurnakan apa yang telah kita rencanakan berkaitan dengan koordinasi dan mempersiapkan sumber daya yang ada, kegiatan ini lebih kepada mengasah kemampuan personil dengan peran dan fungsinya masing-masing, " beber Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Didid Yusnadi. 

Hal senada juga disampaikan Kapolres Mentawai AKBP Hendri Yahya dan Danlanal Mentawai Letkol Laut Anis Munandar bahwa Sinergitas perlu dibangun dan menghimbau masyarakat tetap tenang dan terus melakukan aktivitas seperti biasanya. 

Turut hadir dalam kegiatan Apel Siaga Bencana tersebut Pj.Sekda Mentawai Martinus Dahlan, Kalaksa BPBD Mentawai Novriadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekkab Mentawai Desti Seminora, sejumlah Kepala OPD dan ratusan peserta apel gabungan. (red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bangun Sinergitas, Pemkab Mentawai Gelar Apel Siaga Bencana

Terkini

iklan2

Iklan