Iklan

Puskesmas Mapaddegat Berbenah Menuju Puskesmas Bernuansa Wisata

Kamis, 10 Januari 2019, Januari 10, 2019 WIB Last Updated 2019-01-10T10:15:42Z
Puskesmas Mapadeggat Sipora Utara -Kabupaten Kepulauan Mentawai

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Kesehatan bersama Puskesmas Mapaddegat di Kecamatan Sipora Utara berkomitmen untuk menjadi pilot project atau proyek percontohan bagi 12 puskesmas yang tersebar di Kepulauan Mentawai.

Puskesmas Mapaddegat digadang-gadang akan menjadi Puskesmas Pariwisata dengan  nuansa wisata pada tahun 2019 ini."Kita ingin memunculkan image bahwa berobat seakan-akan berwisata, " ujar Marinus Kepala Puskesmas Mapaddegat saat ditemui Sasaraina di ruang kerjanya, kamis (10/01/2019).

"Kita akan membuat area permainan anak tersendiri di halaman depan Puskesmas, kemudian di belakang Puskesmas akan dibangun lapangan olahraga sekaligus untuk  senam, " Papar Marinus..

Ia mengatakan bahwa pembangunan lapangan olahraga masih terkendala sawah milik masyarakat di lahan milik Puskesmas tersebut dan menunggu saat panen tiba. Untuk sementara lapangan olahraga memanfaatkan halaman depan Puskesmas.

Selanjutnya ia katakan,  bahwa pihaknya juga berencana menata panorama alam,  taman, kolam ikan, dan tanaman obat keluarga (toga) di sekitar Puskesmas.Hal tersebut bertujuan agar keluarga pasien yang sehat bisa rekreasi dan merasa nyaman..

Lebih lanjut Marinus katakan bahwa setiap OPD diundang setiap sekali sebulan tepatnya pada hari sabtu di minggu ketiga untuk berolahraga dan melakukan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) berbahaya sesudah berolahraga, seperti pemeriksaan kadar gula darah,  tensi, kolesterol, dan lainnya secara gratis.

"Dengan demikian, Puskesmas pariwisata juga tujuannya sebagai tempat pertemuan. Juga, rencananya tenaga puskesmas yaitu perawat, bidan,dokter juga akan mengikuti les bahasa Inggris agar dapat melayani pasien wisatawan mancanegara di sekitar pantai Mapaddegat. Lesnya di rolling terkait komunikasi dalam pengobatan, "tutupnya. (KS).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Puskesmas Mapaddegat Berbenah Menuju Puskesmas Bernuansa Wisata

Terkini

iklan2

Iklan