Iklan

Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai Gelar Latihan Satuan SAR di Permukaan Air

Rabu, 10 Juli 2024, Juli 10, 2024 WIB Last Updated 2024-07-11T07:46:49Z

Personil SAR Mentawai saat mengikuti Latihan SAR Satuan di Permukaan Air di Kawasan Pantai Mapaddegat, Rabu (10/07/2024).



SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Dalam rangka melakukan penyegaran pengetahuan tentang Teknik pertolongan dipermukaan air dan menguji Standart Operasional Prosedur ( SOP)  pertolongan bagi para Rescuer, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai menggelar pelatihan Satuan potensial Search And Rescue (SAR) teknik pertolongan di permukaan air di Kawasan pantai Mapaddegat, Sipora Utara, Rabu ( 10/7).

Kepala SAR Mentawai, Rudi, S.E  mengatakan digelarnya pelatihan ini untuk menguji dan melakukan penyegaran pengetahuan serta peningkatan keterampilan Teknik pertolongan dipermukaan air kepada potensi personil sesuai standart dan prosedur pelatihan SAR.




“ tujuan daripada latihan satuan dipermukaan air untuk merefresh kembali pengetahuan para rescuer terkait dengan tata cara Teknik pertolongan dipermukaan air, kemudian untuk menguji SOP terkait pertolongan dipermukaan air oleh rescuer kantor pencarian dan pertolongan Mentawai.’’ ujar Rudi.

Lebih lanjut kata Rudi, pelatihan ini juga melatih kemampuan kerjasama dan koordinasi antara potensi dan kantor pertolongan khususnya di Kabupaten kepulauan Mentawai.



Pelatihan yang lebih memberdayakan potensi SAR diwilayah kerja kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai itu akan memberikan bekal keterampilan kepada potensi SAR terkait menyelamatkan diri, evakuasi terhadap musibah pelayaran dan musibah lainnya serta kiat-kiat melakukan evakuasi korban.



Pelatihan yang diikuti sebanyak 22 peserta dari personil kantor SAR Mentawai itu menurut Rudi diharapkan materi yang diberikan dapat dijadikan bekal dan referensi terkait dengan tatacara pertolongan dipermukaan air oleh para rescuer saat melakukan operasi SAR.


" harapan kami adalah bahwa materi ini bisa dijadikan bekal dan referensi terkait dengan tatacara pertolongan dipermukaan air oleh para rescuer jika akan melaksanakan operasi SAR nantinya.'' Pungkasnya. {Md}.



 







Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai Gelar Latihan Satuan SAR di Permukaan Air

Terkini

iklan2

Iklan