Iklan

Pj Bupati Mentawai Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri

Selasa, 13 Juni 2023, Juni 13, 2023 WIB Last Updated 2023-06-13T04:37:39Z

PJ Bupati Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak Saat Memimpin Rakor

SASARAINAFM.COM |TUAPEJAT- Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai mengikuti rapat koordinasi pengendalian Inflasi Daerah, yang digelar  oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia secara Virtual di Ruang Sekretariat Kantor Bupati KM 5 Sipora Utara, Senin (13/06).

Saat membuka Rakor, Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian menegaskan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa kunci penanganan inflasi indonesia mesti serempak seperti melakukan pemantauan harga dan pasokan oleh satgas pangan, penguatan koordinasi TPID, Operasi pasar atau pasar murah, Sosialisasi terkait belanja bijak dan melakukan optimalisasi peran bulog.


Untuk dikatahui, bahwa Inflasi Indonesia secara perkembangan inflasi global, berada di peringkat 134 dari 184 negara di dunia, sedangkan di tingkat negara G20 indonesia peringkat 16 dari 24 negara, dan peringkat 6 dari 11 negara ASEAN.


Sementara Untuk Nasional 77 Kota mengalami inflasi dan 13 kota mengalami deflasi, harga pangan yang mengalami kenaikan seperti daging ayam ras di 21 provinsi, telur ayam ras di 17 Provinsi, cabai merah di 12 Provinsi.


“Saya ingin Bupati, Wali kota, Gubernur betul-betul mau bekerja sama dengan tim TPID di daerah dan TPIP. Tanyakan di daerah kita apa yang harganya naik yang menyebabkan inflasi.”Ujar Tito”.


Menanggapi rakor ini Pj. Bupati Fernando J Simanjuntak menuturkan bahwa diharapkan Indonesia Khususnya Kabupaten Kepulauan Mentawai bisa mengendalikan Inflasi sehingga Perekonomian bisa kembali stabil


‘’ini adalah tugas kita Bersama memberikan sumbangsih agar pengendalian inflasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai bisa dilakukan.’’Terangnya.


Ia berharap kepada tim TPID hal-hal yang perlu di lakukan Pemda Mentawai dalam penangan inflasi diantaranya memperhatikan komoditi yang mengalami kenaikan, memperkuat kerjasama antar daerah untuk melakukan pemenuhan komoditas dari daerah yang surplus dengan daerah yang kekurangan, turun langsung ke pasar mencek harga - harga, pastikan ketercukupan pasokan pangan, dan pantau terus komoditas pangan dan lakukan intervensi pengendalian.’’{Md}.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj Bupati Mentawai Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersama Mendagri

Terkini

iklan2

Iklan