Iklan

Pj. Bupati Mentawai Ajak Jajarannya Lakukan Inovasi dan Strategi untuk Menurunkan Angka Stunting

Kamis, 09 Maret 2023, Maret 09, 2023 WIB Last Updated 2023-03-09T05:46:03Z

Asisten III Dul Sumarno berfoto bersama peserta acara  Penandatangan Komitmen Bersama TPPS dalam rangka percepatan penurunan stunting Kabupaten Kepulauan Mentawai di  Bapedda, Selasa (07/03/2023).

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT –
Penjabat Bupati Mentawai Martinus D meng-instruksikan kepada jajaranya untuk melakukan inovasi dan strategi menurunkan angka stunting di Kabupaten Kepulauan Mentawai.


Hal itu ditegaskan Pj. Bupati Mentawai melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Dul Sumarno pada acara  Penandatangan Komitmen Bersama TPPS dalam rangka percepatan penurunan stunting Kabupaten Kepulauan Mentawai di lakukan pada acara rembuk stunting di Bapedda, Selasa (07/03/2023).


Menurut Dul Sumarno  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai perlu melakukan berbagai inovasi dan strategi untuk menurunkan angka stunting. Salah satunya melalui ASN di setiap OPD  menjadi Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), dengan adanya Bapak Asuh Anak Stunting akan dapat membantu kebutuhan Asupan Gizi yang lebih baik terhadap Anak Stunting.


Sementara kepada Bappeda diminta untuk dapat mengawal dan melihat program – program dan kegiatan terkait percepatan penurunan stunting.Stunting mentawai berdasarkan survey SSGI adalah  27.3 % , perlu usaha yang keras dari semua pihak, dalam hal percepatan penurunan stunting.


“untuk mengintervensi hal ini menjadi tanggungjawab kita, teruatama para pimpinan OPD agar bisa mengajak jajarannya untuk menjadi bapak atau ibu asuh bagi anak  terdampak stunting , selain itu juga perbanyak melakukan edukasi, dan peran ini bisa juga dibantu oleh media” Ujar Dul Sumarno


Kepala Bappeda Mentawai, Sahad Perdamaian, menyampaikan hasil pelaksanaan aksi 1 dan aksi 2 , terdapat permasalahan dan rekomendasi yang perlu didiskusikan secara bersama, dan dari hasil aksi 1 juga didapatkan  lokus Desa untuk tahun rencana  (2023), Sahad Perdamaian juga menyampaikan  program-program untuk percepatan penurunan stunting yang terakomodir di tahun berjalan serta tahun rencana untuk percepatan penurunan stunting.


Sahat menyebutkan tahun 2024 kedepan penurunan stunting harus 14 persen. Maka Desa setempat diharuskan ikut berpartisipasi dan berperan penting untuk mengurangi resiko stunting yang ada di Kepulauan Mentawai. {Md}

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pj. Bupati Mentawai Ajak Jajarannya Lakukan Inovasi dan Strategi untuk Menurunkan Angka Stunting

Terkini

iklan2

Iklan