Iklan

70% ASN di Kabupaten Kepulauan Mentawai Telah Aktivasi Identitas Kependudukan Digital atau Digital ID

Jumat, 26 Agustus 2022, Agustus 26, 2022 WIB Last Updated 2022-08-26T05:16:48Z

Kantor Disdukcapil Mentawai

SASARAINAFM.COM I TUAPEJAT - Aktivasi  identitas kependudukan digital atau digital id, baru diterapkan petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak awal agustus, dengan melakukan jemput bola ke OPD yang ada di Tuapejat.


Tarcisius sakeru, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Mentawai menyebutkan untuk aktivasi identitas kependudukan digital kepada ASN sudah mencapai sekira 70%.


Tujuannya, kata Tarcisius agar lebih efektif  dan simple saat bepergian tanpa harus membawa fisik KTP kemanapun.


"Dengan aktifnya identitas kependudukan digital ini, masyarakat dapat mengakses informasi kependudukannya melalui handphone yang berbasis KTP digital.


KTP digital dapat mengakses dokumen seperti vaksin,  KK, akta lahir, dan dokumen lainnya yang terintegrasi pada aplikasi identitas kependudukan digital di handphone android masing-masing,"papar Tarcisius di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

 

Adapun yang perlu dipersiapkan sebelum aktivasi yaitu handphone android, email yang aktif, paket data, mendownload aplikasi identitas kependudukan digital, KTP dan KK.


Sementara untuk aktivasi identitas kependudukan digital pada masyarakat, Tarcisius mengaku baru beberapa masyarakat terdekat di sekitar Disdukcapil.


selanjutnya, bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivasi digital id bisa datang langsung ke disdukcapil.


Tarcisius menambahkan bahwa aktivasi digital id hingga saat ini, sesuai kemampuan masyarakat karena ada yang tidak memiliki handphone android. Oleh sebab itu, memberlakukan kepemilikan  fisik KTP bagi masyarakat tidak mampu. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 70% ASN di Kabupaten Kepulauan Mentawai Telah Aktivasi Identitas Kependudukan Digital atau Digital ID

Terkini

iklan2

Iklan