Iklan

Ketua TP PKK Desa Matobe Komitmen Capai Pangsa Pasar Hingga Ke Luar Daerah

Sabtu, 18 Juni 2022, Juni 18, 2022 WIB Last Updated 2022-06-18T16:15:45Z

Produk makanan hasil TP. PKK Desa Matobe saat dinilai oleh Tim Penilai TP PKK Sumbar

SASARAINAFM.COM  MATOBE
- Dalam kunjungan tim penilai gerakan PKK di Desa Matobe oleh TP PKK Provinsi Sumbar, Juwarti Ketua TP PKK Desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan mengekspos pelaksanaan kegiatan PKK sejak Agustus 2021 lalu.


"Sejak dilantik, kami melakukan evaluasi kepengurusan TP PKK di Desa Matobe. Pada Kegiatan Sekretariat, PKK Matobe menyusun program bulanan, tahunan, dan program enam tahun masa pemerintahan Kepala Desa. Kemudian, merencanakan materi pada setiap pertemuan bulanan, memonitoring, dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan setiap triwulan," ujar Juwarti di halaman Kantor Desa Matobe, Senin (13/6/2022).


Selanjutnya, Ia memaparkan kegiatan TP PKK Desa Matobe diantaranya, pada Pokja 1, ada kegiatan goro bersama, dan komisi wanita mengumpulkan hasil ladang seperti kelapa, pisang, keladi, dan sagu untuk kas gereja dan mesjid. Kemudian kegiatan sosial bagi masyarakat yang mengalami kemalangan dengan memberikan bantuan tersebut dan melakukan kunjungan meringankan beban keluarga kemalangan seperti membantu memasak dan menyediakan kebutuhan warga dalam kebhinekaan.


Kemudian, Pokja 2 membentuk UP2K Aleita di bawah binaan PKK Desa Matobe. Produk yang dihasilkan diantaranya, semprong sagu, kripik pisang, kripik keladi, serundeng pisang dan keladi, minyak serai, dodol keladi, abon ikan, jahe merah dan putih instan.


Lalu, kegiatan Pokja 3 membuat kebun toga di setiap kelompok dasawisma, menggerakkan dasawisma membuat dapur hidup dan mandiri dengan memanfaatkan pekarangan. Kemudian, membagikan sayur dan buah kepada ibu hamil dan balita serta keluarga yang terdeteksi stunting.


"Kami juga sedang mengusahakan PIRT. Kami memohon bantuan dari Pemerintah dan stakeholder terkait agar dapat mengurus label halal. Produksi kami melimpah namun terkendala belum adanya label halal untuk dijual keluar daerah," ujarnya.


Selanjutnya, Pokja 4 mengadakan posyandu / posbindu setiap bulan setiap tanggal 10/11, penyuluhan PHBS kepada masyarakat, memberikan makanan tambahan kepada balita dan lansia, dan kunjungan ke PAUD.


Ia juga menyebutkan bahwa Desa Matobe terdiri dari enam dusun, 1.369 jiwa dan 341 KK. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua TP PKK Desa Matobe Komitmen Capai Pangsa Pasar Hingga Ke Luar Daerah

Terkini

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan