Iklan

Nelayan Mentawai Berburu Teripang Yang Bernilai Fantastis

Selasa, 25 Mei 2021, Mei 25, 2021 WIB Last Updated 2021-05-27T06:57:04Z

Nelayan sedang mengolah tangkapan teripang

SASARAINAFM.COM │TUAPEJAT -
Berburu teripang atau timun laut di Mentawau menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup menjanjikan bagi para nelayan.


Bagaimana tidak, harga pasaran teripang dikenal cukup fantastis. Hal tersebut sebanding dengan segudang khasiat dalam kandungannya. 


Selain disajikan sebagai bahan makanan, teripang ternyata sangat bermanfaat dalam pengobatan tradisional. 


Ijul (32/L), salah satu nelayan Teripang di Sipora Utara yang telah memulai merintis usaha teripang sejak 2004 lalu  mengatakan bahwa pencarian dilakukan pada kedalaman 30-50 meter di dasar laut.


"Biasanya kita mencari di sekitar Pulau Nukok atau pantai Mapaddegat. Saya menyelam secara bergantian bersama dua nelayan lainnya yang menjaga selang oksigen dan mesin bot dari pagi hingga sore hari," tutur Ijul.


Adapun jenis teripang yang sering ditemuinya diantaranya teripang nenas, pasir hitam, kacang, dan gajah.


Harga teripang jenis nenas dibanderol  Rp, 200.000/kilogram, jenis gajah Rp,1.100.000/ kilogram, cubadak Rp280.000/kilogram, pasir hitam Rp,400.000 / kilogram, dan kacang Rp,700.000 / kilogram.


Proses pengolahannya, kata Ijul, setelah ditangkap, teripang dibersihkan dan direndam dalam ember. Kemudian, dibelah dua dan dibersihkan isi dalamnya.


Selanjutnya, direbus sampai air mendidih  lalu diangkat  dan didinginkan dengan direndam selama 15 menit.


Kemudian, digaram selama satu minggu, baru kemudian dijemur 3-4 jam. Ia berharap bisa mendapatkan bantuan mesin tempel dari Pemerintah daerah.


Diketahui, teripang berkhasiat membantu melawan sel kanker, mengatasi masalah gusi, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan tulang, mencegah keriput pada kulit, dan mengurangi nyeri otot usai berolahraga.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Nelayan Mentawai Berburu Teripang Yang Bernilai Fantastis

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan