Iklan

Pemkab Mentawai Bakal Salurkan Bantuan 450 Unit Mesin Tempel Kepada Nelayan Tahun Ini

Senin, 29 Maret 2021, Maret 29, 2021 WIB Last Updated 2021-03-29T02:33:37Z

Kondisi kelompok nelayan di Tuapejat-Sipora Utara Mentawai


SASARAINAFM.COM │TUAPEIJAT -
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Perikanan tahun ini, akan menyerahkan sebanyak 450 unit bantuan mesin tempel (speed boat) kepada nelayan.


"Tahun ini  akan ada bantuan mesin untuk masyarakat kita khusus nelayan,” kata Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Mentawai, Usman Labai saat dikonfirmasi, Senin (29/3/2021).


Ia menyebutkan ada sebanyak 43 kelompok nelayan yang akan menerima bantuan mesin tempel tersebut dengan jumlah 450 unit yang diperkirakan realisasinya pada bulan April mendatang bisa sebelum bahkan sesudah lebaran.


Dikatakan Usman, bantuan tersebut akan di salurkan melalui kelompok nelayan yang telah mengusulkan proposal kepada Dinas Perikanan yang sudah lama.


“Jadi kita akan menelusuri beberapa kelompok nelayan yang akan menerima bantuan ini terkait keberadaan kelompok dan kelengkapan nelayan seperti sampan atau perahu, karena ini memang prioritas kita yang paling utama ya,” katanya.


Ia menyampaikan bantuan mesin tersebut adalah sebagai upaya pemerintah mengentaskan kemiskinan sehingga bantuan sarana dan prasarana kepada nelayan sangat diharuskan, karena kalau masih banyak masyarakat miskin berarti pemerintah belum berhasil, otomatis belum maksimal.


Selain itu pemerintah juga melalui Dinas Perikanan guna meningkatkan hasil tangkap para nelayan, dimana pemerintah menargetkan 15 kilogram bahkan hingga 20 kilogram dalam satu hari dari hasil tangkap nelayan, dimana saat ini ada kurang lebih nelayan di Mentawai sekitar 4.000 orang, bahkan target capaian pemerintah saat ini penyaluran bantuan mesin hingga 80 persen.


“Nelayan kita cukup banyak, secara keseluruhan itu ada empat ribuan, dan bantuan mesin yang kita berikan saat ini mencapai 80 persen,” kata Usman. (Str)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Bakal Salurkan Bantuan 450 Unit Mesin Tempel Kepada Nelayan Tahun Ini

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan