Iklan

Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Program Bantuan Tunai 2021

Senin, 04 Januari 2021, Januari 04, 2021 WIB Last Updated 2021-01-04T12:00:15Z


SASARAINA TV │JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan program bantuan tunai se-Indonesia tahun 2021 pada Senin (4/1/2021) di Istana Negara.

Peluncuran program bantuan tunai se-Indonesia 2021 dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan masyarakat penerima bantuan sosial, baik yang hadir secara langsung di Istana Negara maupun yang hadir secara virtual.

 Berikut transkrip lengkap pidato Presiden RI Ir. Joko Widodo tentang

Peluncuran Bantuan Tunai Se-Indonesia Tahun 2021

Bismillahirahmanirrahim.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita smeuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati, para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati, para Gubernur dari seluruh Tanah Air yang hadir secara virtual;
Yang saya hormati, para Direktur Utama bank-bank milik negara/Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), Direktur Utama PT Pos Indonesia;
Yang saya hormati, keluarga penerima manfaat dari program PKH, program Bantuan Sembako dan program Bantuan Sosial Tunai;
Bapak/Ibu hadirin yang saya hormati.

Tahun 2021 ini, penyaluran bantuan sosial akan terus kita lanjutkan. Dan di dalam APBN 2021 telah kita siapkan anggaran, ini anggarannya sebesar Rp110 triliun untuk seluruh penerima dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote dalam rangka membantu masyarakat mengatasi dampak pandemi Covid-19. Artinya, bantuan ini kita mulai hari ini, disalurkan kepada 34 provinsi.

Hari ini, di awal (tahun) 2021 saya meluncurkan langsung Bantuan Tunai se-Indonesia pada masyarakat penerima, sekali lagi, untuk Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Bantuan Tunai ini, di tahun 2021, akan diberikan kepada masyarakat dalam beberapa tahapan. Jadi yang PKH ini dalam empat tahap melalui bank Himbara, bank-bank milik negara. Kemudian yang Program Sembako akan disalurkan di (bulan) Januari nanti sampai bulan Desember 2021, nilainya tadi sudah disampaikan oleh Ibu Menteri Sosial, Rp200 ribu per KK (kepala keluarga), per bulan. Kemudian Bantuan Sosial Tunai/BST diberikan selama empat bulan, Januari-Februari-Maret-April, dan nilainya Rp300 ribu per bulan, per KK. Ini sudah jelas semuanya.

Kita harapkan bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi Covid-19. Kemudian kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional kita, memperkuat daya beli masyarakat sehingga kita harapkan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan menjadi lebih baik.

Kemudian untuk penerima, saya pesan…tadi sudah disampaikan oleh Bu Mensos (Menteri Sosial) juga, manfaatkan bantuan ini secara tepat. Kalau yang untuk beli sembako, ya beli sembako. Jangan ada yang untuk digunakan untuk beli rokok, hati-hati ini untuk Bapak-bapak terutama. Jangan dipakai untuk beli rokok, belikan sembako sehingga bisa mengurangi beban keluarga di saat masa pandemi ini. Jadi diutamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan pangan untuk keluarga. Tadi sudah disampaikan juga oleh Bu Mensos, saya ulang supaya kita jelas semuanya.

Dan, ini juga saya ulang-ulang terus, agar bantuan yang diterima ini nilainya utuh, tidak ada potongan-potongan, supaya diingatkan ini kepada penerima dan tetangga-tetangga yang tidak datang hari ini, diberitahu tidak ada potongan-potongan karena ini dikirimkan langsung kepada penerima, baik nanti lewat bank-bank milik pemerintah maupun lewat kantor pos.

Oleh sebab itu, saya perintahkan kepada para menteri, kepada para gubernur agar mengawal proses penyaluran ini agar cepat, bisa tepat sasaran, dan tadi…diawasi, tidak ada potongan-potongan apapun, sehingga dampak ekonominya segera bisa muncul dan meningkatkan pertumbuhan ekonmi kita. Dan tentu saja rakyat tidak menunggu terlalu lama, kemarin baru tahun baru langsung sekarang sudah kita luncurkan bantuan ini.

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim, saya luncurkan Bantuan Tunai se-Indonesia Tahun 2021.

Terima kasih.

Saya tutup.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Simak  video selengkapnya :

 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Presiden Jokowi Resmi Luncurkan Program Bantuan Tunai 2021

Terkini

iklan2

Iklan