Iklan

Diskominfo Mentawai Tinjau Lokasi Pemasangan Lima Tower BTS di Pulau Pagai

Senin, 07 Desember 2020, Desember 07, 2020 WIB Last Updated 2020-12-07T10:34:46Z

Perangkat Tower Base Transceiver Station (BTS) tenaga surya siap pasang

SASARAINAFM.COM 
 SIKAKAP - Dalam rangka memastikan kelancaran proses hibah tanah dari Pemilik lahan dan pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) tenaga surya yang merupakan bantuan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) pada penghujung tahun 2020, Tim Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan meninjau progress pengerjaan di lapangan.


Lima lokasi pembangunan tower BTS yang telah ditinjau beberapa waktu lalu diantaranya, wilayah Kecamatan Pagai Selatan di Dusun Bele'raksok, Dusun Bake, dan Desa Makalo. Selanjutnya wilayah Kecamatan Sikakap di Dusun Sila'Oinan Desa Taikako dan wilayah Kecamatan Pagai Utara di Desa Silabu.Seluruh Desa penerima bantuan merupakan daerah blank spot atau tidak ada sinyal sama sekali.


Diketahui, Desa-desa penerima bantuan tower BTS solar sel tersebut ditentukan oleh pihak BAKTI dan untuk area atau lahan pembangunan tower BTS ditentukan oleh pihak desa bersangkutan. 


Berdasarkan pantauan di lapangan, warga sudah bersedia menghibahkan tanahnya untuk area pemasangan tower BTS.

Pembersihan lahan untuk pemasangan BTS

Meskipun ada sedikit riak saat pembersihan lahan di salah satu titik, namun setelah dilakukan mediasi akhirnya warga menyediakan dan membersihkan lahan sesuai kesepakatan sebelumnya demi efektifitas dan keamanan tower BTS bertenaga surya tersebut.


Area tower BTS didirikan harus bebas dari pepohonan tinggi di sekitarnya untuk memaksimalkan serapan cahaya matahari melalui solar sel serta menghindari tertimpa pepohonan saat angin kencang sehingga bisa menyebabkan kerusakan.Pembangunan tower BTS tersebut bekerjasama dengan PT. Surya Energi Indotama (SEI).


Untuk tinggi tower BTS yang akan dibangun sekira 32 meter dengan jangkauan sekira 4 Kilometer, dan diperkirakan internet 4G sudah dapat diakses jelang akhir Desember 2020.


Viktor, Camat Sikakap berharap pengerjaan tower bisa rampung secepatnya sehingga layanan telepon dan internet 4G dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


"Warga sangat berharap akses komunikasi melalui telepon dan internet bisa dinikmati. Zaman digitalisasi saat ini sangat dibutuhkan, juga untuk kebutuhan pendidikan para siswa bisa mengakses dari rumah," ujar Viktor beberapa waktu lalu. Hal senada juga dikatakan oleh Andar Sabelau Camat Pagai Selatan.


"Kita sangat bertrimakasih atas dukungannya dan kita mendorong pembangunan tower BTS ini untuk mempermudah akses komunikasi dalam bekerja bersama perangkat desa dan dusun. Masyarakat sangat menantikan adanya layanan telepon dan 4G," pungkasnya.


Sementara 6 tower BTS bantuan BAKTI lainnya yang akan dibangun dan ditinjau tim Diskominfo adalah di Dusun Torolaggo Desa Katurei Kecamatan Siberut Barat Daya, Desa Monganpoula dan Malancan Kecamatan Siberut Utara, serta di Kecamatan Siberut Barat Tiniti, Sakaladat, dan Limu.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diskominfo Mentawai Tinjau Lokasi Pemasangan Lima Tower BTS di Pulau Pagai

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan