bannerwebsasarainaedit

Iklan

Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

Sabtu, 12 Desember 2020, Desember 12, 2020 WIB Last Updated 2020-12-12T10:10:27Z

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate


SASARAINAFM.COM 
│JAKARTA - Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh masyarakat untuk menyebarkan semangat positif dan kreatif di dunia digital. Festival ke empat tahun ini yang berlangsung secara virtual diharapkan bisa meningkatkan kesadaran literasi digital guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Marilah kita terus tingkatkan kesadaran tentang pemanfaatan TIK dan literasi digital ini dengan penuh tanggung jawab, sebarkan semangat positif dan kreatif kepada sesama guna mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang digital,” ujar Menteri Kominfo dalam sambutan di acara pembukaan SNF 2020 Virtual Event, Jakarta, Jum’at (11/12/2020).

Menteri Kominfo menyampaikan terima kasih atas antusiasme dan partisipasi masyarakat dan warganet. Termasuk kerja bersama seluruh mitra yang terlibat yang berkontribusi aktif menyukseskan SNF 2020 Virtual Event.

“Pada penyelenggaraan ke-4 di tahun ini kegiatan diselenggarakan secara daring dikarenakan kita semua masih dalam situasi pandemi Covid-19, namun perlu saya tekankan bahwa walaupun kita masih menghadapi tantangan pandemi Covid-19 tersebut, kita harus mampu membuktikan kreativitas dan inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi tidak surut, bahkan semakin meningkat dan berkembang maju,” tegasnya.

Menurut Menteri Johnny, generasi muda Indonesia perlu terus meningkatkan optimitisme dan memandang pandemi Covid-19 sebagai kesempatan untuk unjuk gigi dan titik loncatan baru. “Titik di mana kita bergerak lebih cepat dan eksplorasi berbagai peluang yang ada dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya.

Menteri Kominfo mendorong warganet untuk terlibat aktig dalam SNF 2020 Virtual Event. Menurutnya event virtual itu menyuguhkan banyak pengalaman secara daring kepada warganet. 

“Dari hiburan hingga hobi, dari edukasi hingga literasi, semua ditampilkan untuk menunjukkan bahwa kita tetap berkreasi dan terus berjuang menghadapi rintangan dan tantangan yang ada,” tuturnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Johnny juga mengingatkan kembali arahan Presiden Joko Widodo bahwa literasi digital perlu lebih ditingkatkan sesuai dengan standar moral dan etika tinggi dari pengguna. 

“Oleh karena itu, dengan adanya acara ini saya berharap seluruh warganet mampu memaksimalkan pemanfaatan teknologi ini dengan baik, dengan pemikiran yang lebih luas, dan karya-karya yang lebih banyak menginspirasi bersama Siberkreasi ataupun berdaya sendiri melalui dunia daring. Selamat mengikuti Siberkreasi Netizen Fair 2020 Virtual Event, selamat bertualang dan terinspirasi untuk terus berkreasi secara positif setiap hari,” ungkapnya. 

Optimistis dan Kreatif

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, meskipun SNF 2020 Virtual Event diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, warganet harus tetap optimis dan kreatif untuk tetap berkarya dan berkreasi seiring perkembangan teknologi digital.

“Untuk itu Siberkreasi Netizen Fair 2020 diadakan kembali secara daring sehingga warganet dapat saling berbagi, berdiskusi dan belajar tentang literasi digital,” ujarnya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Pangerapan berharap SNF 2020 dapat memberikan warganet pemahaman yang lebih tentang pentingnya literasi digital, sehingga terjadi peningkatan sumber daya manusia sebagai kunci menuju percepatan transformasi digital.

“Marilah kita tetap semangat dan optimis untuk memanfaatkan teknologi informasi dengan penuh kreativitas dan terus meningkatkan kesadaran untuk menggunakan teknologi dengan cerdas, bijak dan penuh tanggung jawab. Bersama kita sadarkan semangat positif dan kreatif guna mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang digital,” tandasnya

Sementara itu, menurut Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, warganet atau masyarakat digital Indonesia memiliki peran dalam menggunakan internet atau media sosial. Jubir Kementerian Kominfo menyebut hal itu dalam dua aspek.

“Yang pertama adalah kita memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan bahwa kita semua mampu meminimalisir konten negatif bahkan melawannya; misalnya saja perjudian, penipuan online, eksploitasi seksual pada anak, hoaks, cyberbullyinghate speech dan lain sebagainya kita akan perangi bersama untuk ruang digital kita yang lebih sehat,” jelasnya.

Jubir Kominfo menjelaskan peran kedua warganet yakni memiliki tanggung jawab yang besar  dalam memastikan ruang digital digunakan secara positif dan produktif oleh setiap anak bangsa. 

“Karena sebetulnya internet dan media sosial menyimpan peluang yang luar biasa besar untuk kesejahteraan dan kejayaan bangsa kita. Saat ini kita sedang menuju revolusi industri 4.0, mari kita jadikan momentum ini untuk menjadi pemenang, Indonesia sebagai pemenang bukan Indonesia sebagai penonton ini saja,” imbuhnya.

Ketua Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi Yosi Mokalu

Selebrasi Kolaborasi

Ketua Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi Yosi Mokalu menyatakan  Siberkreasi Netizen Fair adalah perayaan kolaborasi yang dirancang untuk melibatkan sebanyak mungkin anggota (mitra) Siberkreasi dan para pegiat literasi digital di seluruh Indonesia.  "Termasuk beberapa publik figur yang dinilai kompeten dilihat dari jejak kegiatan digital mereka," jelasmya. 

Kemasan acara menurut Yosi dirancang sarat akan pesan literasi digital. "Dari berbagai jenis kelas literasi digital, hiburan, perlombaan dan penghargaan kepada content creators dari berbagai platform sosial media. Jadi, ini adalah sebuah selebrasi online yang sarat edukasi tapi kaya akan apresiasi dan aksi, sehingga semua tertarik untuk berpartisipasi,” tegasnya.

Menurut Yosi, pandemi boleh saja membatasi ruang gerak aktivitas secara offline, namun masyarakat Indonesia masih bisa dan terus berkarya serta berdaya secara online. 

"Untuk itulah Siberkreasi Netizen Fair 2020 hadir kembali secara virtual, guna memenuhi kebutuhan literasi digital para warganet, khususnya kaum millenial dalam meningkatkan kemampuan dan wawasan digitalnya dengan konten-konten kreatif dan positif agar dapat berdaya dari rumah di masa Pandemi Covid-19," ungkapnya.

Setelah sukses dengan tema-tema : “Netizen Berkarya, Cerahkan Dunia Maya” di tahun 2017, “Make Social Media Fun Again” Di tahun 2018, dan “Creator Generation” di tahun 2019, pada tahun 2020 Siberkreasi mengusung tema “Stay Creative, Stay Positive” yang akan dilaksanakan secara virtual.

Acara yang berlangsung dari tanggal 11 s.d. 12 Desember 2020 terdirii dari Virtual Talks, Virtual Music, Berkreasi Talk, Jaipong dan juga Wayang Digital, serta aneka games yang akan dimeriahkan oleh tokoh publik, artis, dan penyanyi. Untuk mengikuti SNF 2020 bisa mengakses laman situs Siberkreasi: https://siberkreasi.idatau info Siberkreasi Netizen Fair 2020 http://s.id/registrasisnf2020 email:  siberkreasi@gmail.com.

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan