Iklan

Pokdar Kamtibmas Mentawai Gelar Sosialisasi Hukum dan Kukuhkan Pengurus Tiap Kecamatan di Pulau Siberut

Minggu, 29 November 2020, November 29, 2020 WIB Last Updated 2020-11-29T16:07:46Z

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake berfoto bersama Pokdar Kamtibmas Mentawai

SASARAINAFM.COM │SIBERUT  -
Tim Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar sosialisasi hukum dan pengukuhan pengurus Pokdar Kamtibmas Kecamatan Siberut Selatan, Siberut Tengah, dan Siberut Barat Daya di kantor Camat Siberut Selatan dan Kecamatan Siberut Utara serta Kecamatan Siberut Barat di kantor Camat Siberut Utara beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake saat membuka kegiatan mengajak masyarakat agar mampu mengendalikan diri dan pikiran, tertib berbicara, serta berprilaku sehingga kamtibmas bisa tercapai.


"Jalan, teknologi, dan hukum berkembang sesuai perkembangan zaman. Kita boleh saja maju mengikuti teknologi, namun harus tertib agar tetap nyaman dan damai," kata Korta.


Selain daya tarik potensi alam dan budaya Kepulauan Mentawai yang eksotis sebagai destinasi wisata internasional, Korta menggaungkan bahwa aset lainnya yang menjadi megnetis Mentawai yakni situasi aman, damai, tertib, dan kondusif.


"Yang dikejar wisatawan selain alam dan keindahan panorama di Mentawai, yakni ketenangan dan kedamaiannya, pariwisata kita Internasional, jika terjadi prilaku kriminal maka dunia akan menyorot. Oleh sebab itu kita harus mempertahankan situasi yang kondusif di sini," tuturnya.


Pada saat bersamaan Kasatbinmas Polres Kepulauan Mentawai, Iptu Mulyadi yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pokdar Kamtibmas akan dibentuk di tingkat Kabupaten, kecamatan, hingga desa untuk menciptakan kamtibmas dan sebagai mitra Polri.


"Pokdar Kamtibmas berfungsi sebagai tenaga penghubung jika terjadi suatu masalah. Komunikasikan dengan pihak Kepolisian," ujarnya.


Selanjutnya Iptu Mulyadi juga mengingatkan agar masyarakat menghindari mengkonsumsi dan mengedarkan narkoba, melakukan pelecehan seksual, kekerasan terhadap perempuan dan anak, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya agar tidak terjerat hukum.


Selanjutnya, Nikanor Wakil Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Kepulauan Mentawai mengimbuhkan bahwa kerjasama yang dijalin tidak hanya sebatas pemberantasan tindak kriminal, namun juga bisa adanya sinergitas ekonomi sehingga meminimalisir peluang kejahatan.


Lebih lanjut, ke depannya, Pihak Polda Sumatera Barat akan dihadirkan sebagai narasumber dalam memberikan pencerahan hukum di tengah masyarakat.


Kegiatan sosialisasi digelar dengan pemaparan narasumber terkait kiat-kiat menciptakan situasi aman, tertib, dan damai di tengah masyarakat, dan dilanjutkan dengan pengukuhan masing-masing pengurus Pokdar Kecamatan yang telah dipilih.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pokdar Kamtibmas Mentawai Gelar Sosialisasi Hukum dan Kukuhkan Pengurus Tiap Kecamatan di Pulau Siberut

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan