Bantu Petani dan Nelayan, Kades Sioban Gunakan Dana Ini - SasarainaFM

Breaking

radio

Senin, 10 Agustus 2020

Bantu Petani dan Nelayan, Kades Sioban Gunakan Dana Ini

Bansos untuk masyarakat tani dan nelayan di desa Sioban-Mentawai
SASARAINAFM.COM | SIOBAN - Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani dan nelayan,  Pemerintah Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan, gunakan sebagian Anggaran Dana Desa, (ADD).


Kepala Desa Sioban, Artius, mengatakan dana desa tidak saja difokuskan untuk pembangunan  fisik seperti infrastruktur dan  bangunan lainnya,  tapi juga digunakan untuk bantuan sosial berupa  membeli bibit unggul  padi solok bagi petani, mesin pompong nelayan, agar produktivitas pertanian di desa meningkat.

"Dana desa dapat dipakai untuk membeli bibit yang baik, dibagi kepada masyarakat terutama sekali yang mengusulkan bantuan melalui kelompok petani yang memperoleh Surat Keterangan Terdaftar (SKT), dan selebihnya diserahkan kepada masyarakat yang  mengembangkan padi sawahnya, walaupun tidak memperoleh SKT, bibit-bibit unggul ini diserahkan lansung kepada yang bersangkutan dan pengelolaannya selalu dipandu tenaga pendampingan,"  kata Artius di Siobam  Jumat.

Adapun bantuan sosial yang diserahkan pemerintah desa kepada masyarakat menurut Artius, antara lain berupa, bibit padi solok sebanyak 700 kg serta racun hama jenis roundap, mesin pompong 20 unit, kloset (WC) untuk 75 KK. (SS)