Begini Progress dan Target Kegiatan Desa Bukit Pamewa Tahun 2020 - SasarainaFM

Breaking

radio

Rabu, 29 Juli 2020

Begini Progress dan Target Kegiatan Desa Bukit Pamewa Tahun 2020

Kantor Kepala Desa Bukit Pamewa Sipora Utara 
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJKegiatan pembangunan desa merupakan garda terdepan arah kemajuan masyarakat dan bangsa itu sendiri.

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia tanpa terkecuali Bumi Sikerei pada tahun 2020 ini, turut berdampak pada program pembangunan desa, salah satunya
Desa Bukit Pamewa Kecamatan Sipora Utara.

Kepala Desa Bukit Pamewa, Amrizon, mengatakan bahwa tahun 2020 ada program desa yang sudah berjalan dan ada yang masih belum.

Untuk program Desa Bukit Pamewa tahun 2020 yang sudah selesai diantaranya kegiatan pembukaan jalan di Dusun Bukit Subur sepanjang dua kilometer dengan anggaran sekira Rp,121 juta dan pengecoran jalan di permukiman masyarakat di Dusun Bukit Subur sepanjang 150 meter dengan dana sekira Rp,92 juta.

Sementara itu kegiatan lainnya, kata Amrizon, seperti bercocok tanam jeruk lemon, bibitnya sudah dibagikan kepada warga sekira 2.000 batang dan sudah ditanam.

Sedangkan untuk pemasaran jeruk lemon ke depan, kata Amrizon, akan bekerjasama dengan warga Sarolangun yang menjual bibit jeruk lemon kepada Desa Bukit Pamewa.

Untuk budidaya serai wangi sendiri sudah ditanam warga dari anggaran tahun 2019 dan sudah tumbuh.

Rencananya, akan segera disuling pada era new normal 2020 ini.

"Penyulingan serai wangi tertunda akibat covid19. Dalam waktu dekat akan kita suling dan nanti kita mencoba menjual sendiri dan juga kepada agen di Padang," tutur Amrizon di ruang kerjanya, Selasa (28/7/2020).

Kegiatan fisik lainnya teralihkan anggarannya ke penyaluran BLT Desa akibat pandemi virus corona dan sudah dicairkan tahap I dan II.

Selanjutnya, terkait pembukaan usaha
Bumdes tertunda kepengurusannya akibat kondisi Covid-19.

Ia berharap sektor usaha air galon isi ulang BUMDes Bukit Pamewa
dapat terealisasi tahun ini. (KS)