Kemensos RI Kucurkan Bantuan APD Untuk Mentawai - SasarainaFM

Breaking

radio

Rabu, 17 Juni 2020

Kemensos RI Kucurkan Bantuan APD Untuk Mentawai

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat meneriman bantuan APD dari Kemensos RI

SASARAINAFM.COM │TUAPEIJAT- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia yang telah merespon usulan kami dari Kabupaten Kepulauan Mentawai yang masih kategori 3T di Provinsi Sumatera Barat," Kata Bupati Kepulauan Mentawai, sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Mentawai, Yudas Sabaggalet, pada Rabu, (17/6/2020).

Ia menjelaskan, sebenarnya ada beberapa APD yang diusulkan, namun kata Yudas belum semua yang terealisasi, meski demikian APD yang sudah ada dapat membantu petugas di Kepulauan Mentawai dalam penanganan coronavirus disease 2019 (covid-19).

"Kita berharap, Kemensos bisa membantu kita disini untuk melengkapi alat-alat Kesehatan atau APD kita," Ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, sekaligus juru bicara bidang kesehatan, Lahmuddin Siregar menyampaikan bahwa sebenarnya APD memang sangat dibutuhkan banyak, sebab menurutnya, setiap petugas atau tim selalu memakai APD, minimal tiga kali dalam sehari atau tiga kali pakai untuk satu APD.

"Seperti yang kita ketahui bahwa Covid ini merupakan satu penyakit yang menular, kalau misalnya petugas kita melakukan penanganan tapi tidak menggunakan APD bisa saja tertular, ini adalah cara kita untuk mencegah penularan covid-19," Katanya.

Ia juga berharap ada lembaga-lembaga lain yang mau membantu atau instansi lain, karena kebutuhan saat ini APD sangat besar.

"Karena saat ini pelayanan-pelayanan kesehatan kita sudah harus memakai APD, karena kita tidak tahu siapa-siapa yang tertular sebab kebanyakan yang tertular itu Orang Tanpa Gejala (OTG), jadi tetap kita waspadai," Lanjutnya.

Adapun bantuan yang diterima yaitu, hand sanitizer ukuran 125 ml satu pack 48 botol sebanyak 5 dus, kemudian hand sanitizer ukuran 200 ml satu pack 56 botol sebanyak 7 dus, APD 100 set, pakaian dekontaminasi 10 dus. (Str).