Iklan

Pergerakan Kapal Dari Padang - Mentawai Diambil Alih Oleh Pihak Keamanan

Senin, 04 Mei 2020, Mei 04, 2020 WIB Last Updated 2020-05-04T11:26:14Z
Kapal ASDP rute pelayaran Padang - Mentawai saat sandar di pelabuhan Bungur Padang
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT-Pergerakan kapal dari Padang tujuan ke Kepulauan Mentawai akan diambil alih oleh pihak keamanan seperti Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal itu sesuai dengan peraturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia, Nomor 25 Tahun 2020, tentang pengendalian transportasi selama mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan coronavirus disease 2019 (covid-19).

Dalam aturan tersebut, menyatakan bahwa pengawasan pengaturan lalu lintas dalam pelaksanaan larangan sementara penggunaan sarana transportasi selama masa mudik Idul Fitri 1441 hijriah, akan dilaksakan oleh kepolisian  dan TNI. Kemudian point berikutnya maka piahk terkait memerintahkan untuk menarik personil pada posko  Gugus Tugas di Pelabuhan Penyeberangan  Bungus untuk dikembalikan ke OPD masing-masing beserta seluruh sarana dan prasarana pendukungnya.

"Mulai hari ini itu sudah langsung diambil alih oleh petugas keamanan bagi Polri dan TNI yang dikoordinir langsung di provinsi Sumatera Barat jadi sudah tidak dari kita lagi termasuk SOP, termasuk dari Pelabuhan itu sendiri yang akan melakukan pengawasan terkait dengan masyarakat atau orang yang boleh naik ke atas kapal dalam rangka untuk berkunjung ke wilayah,” Kata Kepala bagian (Kabag) Hukum, sekaligus juru bicara penanganan covid-19 Mentawai, Serieli BW, Senin, (4/5/2020).

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa mulai hari ini petugas yang berada di luar Mentawai dalam hal ini di Padang, akan ditarik semua ke Mentawai untuk melaksanakan tugas di wilayah Kepulauan Mentawai saja, sebab di Provinsi sudah ada petugas khusus termasuk posko akan langsung dikoordinir oleh Gubernur Sumatera Barat, sekaligus Ketua Gugus Tugas penanganan covid-19 tingkat Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

“Nanti yang akan langsung dikoordinir oleh pak Gubernur dalam hal ini merupakan Ketua Gugus Tugas tingkat provinsi dan daerah perbatasan antar kabupaten kota, termasuk yang selama ini mungkin kita sudah ikuti di sosial media dan beberapa perizinan-perizinan, baik itu yang ditandatangani oleh petugas kita yang di Padang maupun yang juga kemarin-kemarin di tanda tangani, maka ke depan itu tidak akan ada lagi, semua pengendalian terhadap moda transportasi itu dilakukan oleh tenaga keamanan kepolisian dan TNI ditambah dengan sistem SOP,” kata Serieli BW.

Sementara Bupati Kepulauan Mentawai, sekaligus Ketua Gugus Tugas penangganan covid-19 Mentawai, Yudas Sabggalet, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Provinsi Sumatera Barat yang mana sudah memberikan perhatian terhadap Kepulauan Mentawai selama ini.

“Kita juga berterima kasih kepada Bapak Gubernur Sumatera Barat untuk memperhatikan kita di sini, jadi tujuannya itu supaya kita berkonsentrasi di Kabupaten, jadi kesimpulannya adalah mengatakan bahwa  Bupati beserta jajaran konsentrasi saja di Kabupaten Mentawai dan wilayahnya,” ungkapnya.

Sebelumnya Pemerintah Kepulauan Mentawai sudah membuat SOP bagaimana orang atau masyarakat Mentawai yang mau masuk di Mentawai, dan saat ini sudah ditangani oleh provinsi dan bentuk pegangan satu-satunya yaitu Peraturan Menteri Perhubungan nomor 25 tahun 2020.

“Yang membolehkannya situ adalah orang-orang yang berwenang menurut Peraturan Menteri Perhubungan itu kita tidak punya wewenang, supaya masyarakat tidak salah persepsi artinya kenapa itu dibuat memang begitu kebijakannya, apa dampaknya adalah kita yang ada di sana tidak lagi mengeluarkan izin, tugasnya adalah menangani persoalan-persoalan sosial yang terjadi di masyarakat kita di Mentawai yang tidak bisa menyebrang Misalkan ada orang dari luar yang sudah sampai ke Padang yang di PHK maka ada orang yang mendampinginya jadi jelas yang masuk kesini (red) itu sudah kewenangannya pengelola-pengelola Pelabuhan mulai hari ini begitu,” kata Yudas. (Str)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pergerakan Kapal Dari Padang - Mentawai Diambil Alih Oleh Pihak Keamanan

Terkini

Topik Populer

Iklan