Tim Gugus tugas Penanganan Covid-19 Mengirim puluhan Sample Untuk Tes Swab di Padang - SasarainaFM

Breaking

radio

Kamis, 16 April 2020

Tim Gugus tugas Penanganan Covid-19 Mengirim puluhan Sample Untuk Tes Swab di Padang

Kepala dinas kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar saat memberi keterangan pers di Tuapeijat 
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT  - Kepala Dinas Kesehatan  selaku Jubir bagian kesehatan gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai mengungkapkan
bahwa saat ini ada tiga orang yang hasilnya positif saat dilakukan rapid test. Sementara kasus yang positif baru satu orang yang terkonfirmasi setelah melalui tes swab.

Pihaknya telah mengirim  16 sample melalui bot untuk swab test di Padang tepatnya di laboratorium diagnostik penyakit infeksi fakultas kedokteran Unand,

" Ada 16 sampel yang kita kirim ke padang, dan kita masih tunggu hasilnya, " ujar Lahmuddin kepada awak media, Rabu (15/4/2020).

Hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan tersebut.

Adapun perkembangan ODP saat ini 7 orang, PPT 49 orang, sementara orang tanpa gejala (OTG) yang kontak dengan pasien positif sebanyak 36 orang.

Lahmuddin mengimbuhkan bahwa pemeriksaan  dilakukan pada kalangan keluarga dekat maupun kalangan tenaga medis.

Selanjutnya, hasil pemeriksaan rapid test kepada warga di luar Pulau Sipora, seperti di Saliguma Kecamaran Siberut Tengah dan di desa Sinaka' Kecamatan Pagai Selatan menunjukkan hasil negatif.

Ia menambahkan kondisi  pasien positif Covid-19 yang pertama saat ini masih beraktifitas seperti biasa dan tetap berada di ruang isolasi.

Untuk penanganan di RSUD Mentawai hingga pasien PDP tingkat sedang, sementara yang sakit parah akan dirujuk ke Padang.
(KS)