Menkominfo Jamin Keamanan dan Kerahasiaan Data Masyarakat Pengguna Aplikasi Peduli Lindungi - SasarainaFM

Breaking

radio

Senin, 20 April 2020

Menkominfo Jamin Keamanan dan Kerahasiaan Data Masyarakat Pengguna Aplikasi Peduli Lindungi

Aplikasi Peduli Lindungi

SASARAINAFM.COM | JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate mengajak masyarakat agar menginstal atau mendownload
aplikasi peduli lindungi di playstore dalam rangka melindungi diri dari Covid-19 dan membantu Pemerintah dalam penanganan pandemi virus ini.

Johnny juga menjamin keamanan dan kerahasiaan data pribadi pengguna aplikasi peduli lindungi.

"Aplikasi ini resmi dan sangat berguna untuk memastikan masyarakat mengetahui bahwa di lingkungannya ada potensi pembawa Covid-19," tutur Johnny saat konferensi pers di kantor Graha BNPB beberapa saat lalu.

Oleh sebab itu, ia mengimbau kepada   ASN, TNI/Polri,Pejabat, Pegawai BUMN dan seluruh anak perusahaannya, dan figur publik agar berinisiatif terlebih dahulu mendownload aplikasi tersebut.

Peduli Lindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget pengguna dengan kondisi bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.

Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar pada aplikasi Peduli Lindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing.

Peduli Lindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.(KS)