16 Ribu Warga Mentawai Kurang Mampu Dapat Bantuan BLT - SasarainaFM

Breaking

radio

Minggu, 12 April 2020

16 Ribu Warga Mentawai Kurang Mampu Dapat Bantuan BLT

Foto ilustrasi (sumber : internet)

SASARAINAFM.COM |TUAPEIJAT- Pemerintah Pusat melalui Pemerintah  Mentawai akan berikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 16 ribu kepala keluarga  di Mentawai yang tergolong kurang mampu.

Bupati  Mentawai, Yudas Sabaggalet menyebutkan bantuan dari pemerintah pusat itu saat ini masih dalam proses dan bakal segera dibagikan.

"Kita akan memberikan bantuan BLT langsung itu kepada masyarakat yang kurang mampu, dan itu sedang diproses, itu langsung diserahkan melalui Desa," kata Yudas Sabaggalet, fi Tuapeijat, Sabtu (11/4/2020).

Ia menyebutkan bantuan tersebut hanya diserahkan kepada masyarakat Mentawai yang tidak mampu dan tidak menerima bantuan sosial lain seperti, PKH, Bulog dan Sembako.

Lebih lanjut Yudas menjelaskan, bantuan tersebut akan diserahkan ke desa dan nantinya pihak desa akan langsung memberikan kepada masyarakat.

Bantuan tersebut kata Yudas akan diserahkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp.200 ribu, selama 3 bulan terhitung mulai April hingga Juni 2020.

Selain itu kata Yudas, kategori warga miskin berdasarkan data yang ada  seluruhnya 16.000 KK, dengan 6.045 KK diantaranya sudah menerima bantuan dari  program sembako kementerian, kemudian 4930 KK menerima bantuan dari program keluarga harapan dan sisanya sebanyak 15 persen akan dibantu oleh pemerintah propinsi.

Tak hanya yang kurang mampu, kata Yudas, Pemerintah juga akan memberikan kepada 500 warga pelaku usaha kecil masing-masing akan menerima Rp.750 ribu tujuannya agar tetap bisa berusaha, dan juga bantuan untuk warga yang berusia lanjut sebanyak 1000 orang.

"Jadi tidak hanya kepada yang kurang mampu, kepada pengusaha kecil juga kita kasih bantuan mereka, termasuk kepada petani juga akan kita bantu kasih bibit, dan kepada para warga yang sudah berusia lanjut, " pungkas  Yudas. (Str)