Iklan

Gelar Jumpa Pers, Wabup Mentawai Sampaikan Ini.

Senin, 30 Maret 2020, Maret 30, 2020 WIB Last Updated 2020-04-07T04:01:04Z
Wabup Mentawai Kortanius Sabeleake pada jumpa pers di Tuapeijat, Minggu (29/3-2020)
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT-Pemerintah Kabupaten Mentawai bakal lakukan penutupan seluruh akses keluar dan masuk Mentawai baik melalui laut, dan udara demi mencegah meluasnya dampak penularan virus corona (Covid) 19.

Penutupan akses ke Kabupaten berjuluk " Bumi Sikerei" ini akan diberlakukan mulai Selasa  (31/3/2020), seperti disebutkan Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake pada jumpa pers di Tuapeijat, Minggu (29/3-2020).

Kortanius mengatakan, Pemerintah Mentawai  tidak mengizinkan armada penerbangan perintis, kapal penumpang, kapal wisata, kapal penyeberangan, kapal perintis, speed boat dan kapal jenis apapun,  untuk membawa penumpang dari bandar udara maupun pelabuhan dari wilayah pesisir Sumbar ataupun dari wilayah lainnya masuk ke Mentawai hingga ada pemberitahuan lebih lanjut dari Pemda Mentawai.

Meski demikian, kapal hanya bisa membawa bahan kebutuhan pokok, BBM, atau logistik untuk penanganan dan pencegahan Covid 19.

Tim gugus tugas, kata Korta  akan mengawasi semua kapal, ABK, dan barang yang masuk akan disemprot dari pelabuhan di Padang dan ketika tiba di Mentawai, serta petugas kapal tidak diperbolehkan turun lalu lalang ke daratan.

Sementara itu, kapal antar pulau milik Pemda Mentawai mulai Kamis (2/4/2020) hanya akan berlayar sekali seminggu untuk tiga rute dari ujung utara, tengah, dan selatan kepulauan Mentawai.

"Kapal antar pulau kita perketat dan hanya beroperasi sekali seminggu.
Kami imbau bagi masyarakat, jika tidak ada urusan yang terlalu penting, tidak usah berangkat karena jadwal kapal dan penumpang dibatasi dan jarak antar penumpang juga dijaga,"imbau Kortanius Sabeleake.

Lebih lanjut ia mengajak warga untuk melakukan isolasi diri secara mandiri di rumah, tetap jaga jarak, kebersihan, dan kesehatan.

"Tokoh masyarakat, kepala desa dan dusun pantau semua warga yang masuk atau pulang kampung ke Mentawai agar dilaporkan ke petugas kesehatan untuk memantau kondisi kesehatannya juga dilakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri," imbaunya.

Hal tersebut dikatakan karena eksodus warga yang mudik ke kampung halaman.

Korta menekankan agar masyarakat jangan panik, tetap waspada, disiplin
cuci tangan pakai sabun, jujur saat dicek petugas kesehatan, dan mengikuti perkembangan informasi terkait virus Corona.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak menggelar kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, berpikiran terbuka dan tidak menganggap sepele, menahan diri untuk keluar, dan mengikuti imbauan Pemerintah.

Korta menyatakan bahwa posko BPBD penanganan virus Corona ini siap 24 jam dan jika ada permintaan organisasi massa untuk penyemprotan disinfektan bisa disampaikan dan akan  disediakan bahan materialnya untuk penyemprotan mandiri.

Ia juga berharap kepada penyelenggara radio agar bisa mensosialisasikan pandemi covid-19 dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat pelosok.(KS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gelar Jumpa Pers, Wabup Mentawai Sampaikan Ini.

Terkini

iklan2

Iklan