Iklan

Akibat Hujan Deras Semalam. Beberapa Wilayah di Sipora Utara dilanda Banjir

Rabu, 29 Januari 2020, Januari 29, 2020 WIB Last Updated 2020-01-29T07:04:56Z


Salah satu rumah warga di desa Gosip Oinan yang dilanda banjir
SASARAINAFM.COM |TUAPEIJAT- Puluhan rumah warga Dusun Bobokket, Desa Goiso' Oinan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai  terendam banjir sekira 50 meter, akibat hujan deras  yang mengguyur kawasan Sipora Utara, sejak Selasa, (28/1/2020) sore sampai pagi Rabu, (29/1/2020).

Kepala Dusun Bobokket, Desa Goiso' Oinan, Nomensen mengatakan banjir yang terjadi di daerahnya tepat di kawasan Dusun Kaliou hingga mencapai 50 cm.

Nomensen menyebutkan ada sekitar 8 sampai 12 rumah warganya termasuk satu puskesmas pembantu ( Pustu ) dilanda banjir, namun demikian kata dia belum ditemukan korban jiwa, dan wargapun secara gotong royong telah menyelamatkan barang-barang mereka dan diangkut dengan beberapa perahu nelayan hanyut.

"Barang-barang warga sudah dinaikkan ke atas dan ada beberapa perahu nelayan yang hanyut", kata Nomensen, Rabu, (29/1/2020).

Ia juga menyampaikan banjir yang terjadi di daerah Goiso' Oinan sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

Sementara, Sekretaris BPBD Mentawai, Sarman mengatakan bahwa kejadian bencana banjir yang ada di wilayah Kepulauan Mentawai sudah dilaporkan oleh masyarakat dan sudah diterima pihaknya, dan pihaknya saat ini tengah melakukan pemantauan lokasi untuk mengambil langkah selanjutnya.

"Ada beberapa kejadian banjir yang terjadi di Mentawai sudah kita terima laporannya, dan saat ini kita sudah siapkan anggota dan peralatan untuk menuju lokasi kejadian, " kata Sarman.

Sarman menyebutkan ada beberapa tempat yang dilanda banjir akibat hujan deras semalam, diantaranya di Dusun Boleleu, Desa Sidomakmur, - Sipora Utara, kemudian Dusun Kaliou dan Dusun Magili, Desa Saureinu, Kecamatan Sipora Selatan.

" di desa Sidomakmur ada 6 kk, kalau di desa Saureinu Sipora Selatan ada 35 kk yang mengalami musibah banjir ini, " ujar Sarman.

Lebih lanjut Sarman katakan, bahwa bencana yang sering terjadi di daerah-daerah terutama di Mentawai sudah mendapatkan peringatan tahun ini dari Kementerian Dalam Negeri dan Gubernur Sumatera Barat, terkait release Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) mengenai cuaca ekstrim.

Untuk menangani bencana lebih maksimal, kata Sarman, pihak BPBD Mentawai akan melakukan koordinasi bersama seluruh sektor, seperti OPD, Polisi, TNI, yang memiliki peralatan lengkap, dan kepada masyarakat, agar tetap waspada  (Suntoro)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Akibat Hujan Deras Semalam. Beberapa Wilayah di Sipora Utara dilanda Banjir

Terkini

Topik Populer

Iklan