Iklan

Kapolda Sumbar Sebut Tingkat Kamtibmas Mentawai Relatif Aman

Kamis, 28 November 2019, November 28, 2019 WIB Last Updated 2019-12-09T15:15:43Z
Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal saat menerima cindra mata dari salah seorang warga Mentawai.

SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT -  Kepala Kepolisian Daerah  Sumatera Barat ( Kapolda - Sumbar ),  Irjen Pol. Fakhrizal menyebutkan tingkat keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Mentawai pasca pelaksanaan Pileg  dan Pilpres 2019 termasuk teraman dan kondusif.

Fakhrizal juga mengapresiasi peran aktif masyarakat Mentawai dalam mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif itu, namun  demikian kata dia, Mentawai sebagai daerah kepulauan dengan kawasan laut yang luas tetap perlu diperhatikan dalam sisi keamanan, terutama dalam pengamanan di laut. 

Terkait dengan pengamanan di laut itu pihaknya akan mengajukan penambahan kapal patroli di wilayah hukum Polres Mentawai ke Mabes polri.

"Idealnya setiap pulau memiliki satu kapal. Sekarang cuma ada dua, kapal kecil dan besar. Kemudian, warga juga meminta penambahan 6 Polsek dari 4 polsek yang baru ada saat ini," kata Fakhrizal pada acara Tatap muka bersama Bupati,  jajaran Pemkab dan  masyarakat Mentawai di Tuapeijat, Rabu (27/11).

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal yang digadang juga bakal maju pada bursa Pilgub Sumbar 2020 itu menyebutkan bahwa kunjungan kerja (kunker) pertama di bumi Sikerei Mentawai yang diagendakan selama dua hari itu antara lain untuk menampung aspirasi warga Mentawai terutama dibidang keamanan dan ketertiban.

"Kunjungan kerja ini sempat tertunda sejak beberapa waktu lalu, dan saat ini kita menampung aspirasi warga Mentawai, mencoba memberikan solusi sambil mengarahkan anggota," ujar Fakhrizal

Dalam dialog bersama warga itu, Fakhrizal juga menjanjikan akan meningkatkan pelayanan dibidang keamanan dan ketertiban kepada masyarakat Mentawai, diantaranya dengan akan menambah personil polri  di wilayah hukum  Polres Mentawai, dan juga menambah personil untuk memperkuat  Babinkamtibmas di kecamatan.

"Masing masing Polres kita tidak sampai limapuluh persen dari Daftar Susunan Personil atau DSP, dan  khusus Polres Mentawai hanya tigapuluh persen, nah dalam waktu dekat minimal kita bisa menambah limapuluh sampai tujuh puluh lima  orang untuk Mentawai," katanya.

Berkaitan rekrutmen terbatas, pihaknya akan berupaya membuat Sub Panda khusus Polres Mentawai.

Dalam kesempatan tersebut ia mengimbau agar masyarakat tetap berperan aktif  menjaga keamanan dan kenyamanan di Mentawai sebagai daerah wisata surfing kelas dunia dari ancaman atau gangguan yang dari  dalam maupun luar, termasuk masalah peredaran narkoba yang sangat meresahkan.

"Jika ada permasalahan sekecil apapun sebaiknya cepat diselesaikan.
jangan undere stimate dan sampai kecolongan. Begitu juga jika ada paham atau ajaran atau orang yang bisa merusak kamtibmas, segera laporkan ke Polsek atau Polres," tegasnya (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kapolda Sumbar Sebut Tingkat Kamtibmas Mentawai Relatif Aman

Terkini

iklan2

Iklan