Our social:
Photobucket
Loading...
LPPL Radio Sasaraina Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Sumatera Barat │Media Informasi dan Edukasi Masyarakat Mentawai │Jl. Raya Tuapeijat KM.2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai │Interaktif +62 82390747044 │Whatsapp +628116642768 │e-mail : sasarainaradiofm@gmail.com │website : www.sasarainafm.com │Matikan player audio streaming disamping, bila Anda ingin mendengar dan melihat live video streaming │

Desa Simatalu Bakal Dijadikan Kampung Bernuansa Budaya Mentawai

Bupati MentawaiYudas Sabaggalet saat beramah tamah bersama warga desa Simatalu
SASARAINAFM.COM | SIMATALU - Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet berencana menjadikan desa Simatalu sebagai salah satu Kampung Budaya Mentawai.

Yudas menyebutkan desa Simatalu yang berada di kawasan Kecamatan Siberut Barat itu diyakini sampai saat ini masih tetap mempertahankan adat dan budaya asli Mentawai.

" Desa Simatalu kedepan bakal kita jadikan kampung budaya, karena disini strategis, keberadaan kekuatan  adat dan sikerei, dan disini menentukan masa depan adat budaya Mentawai,  " kata Yudas saat ramah tamah bersama masyarakat Simatalu di gedung SDN 05 Simatalu,  Minggu malam (18/11)

Terkait dengan rencananya itu Yudas
 meminta kepada kepala desa dan masyarakat setempat agar mempersiapkan lahan untuk pembangunan Uma (rumah adat Mentawai),  museum budaya, dan fasilitas lainya yang bernuansa budaya, pasalnya kata Yudas kedepan desa Simatalulah salah satu desa yang bakal dijadikan sebagai tempat untuk  belajar tentang budaya Mentawai.

Dari sisi pendidikan budaya lokal, Yudas juga meminta agar mata pelajaran Budaya Mentawai (Bumen) di sekolah  diperdalam, dan di kaji ulang.

"  kita tidak bisa mengganggap sepele tentang pemahaman budaya, dan ini harus dipaparkan kepada anak didik di sekolah,  harus dipahami betul oleh guru pengajar, supaya anak didiknya berkembang berlandaskan budaya, dan di desa  Simatalu inilah merupakan benteng terakhir kekuatan budaya Mentawai, papar Yudas

Acara ramah tamah yang diisi dengan diskusi antara warga dengan pemimpinnya itu berjalan akrab, banyak aspirasi yang dilontarkan warga antara lain tentang perkembangan desa Simatalu terutama  menyangkut  pembangunan, pendidikan, kewirausahaan, peningkatan ekonomi, perkebunan dan pertanian, jaringan Komunikasi.

Yudas juga mengapresiasi peran warga desa Simatalu dalam percepatan  perkembangan pembangunan di desa Simatalu yang menurutnya sangat pesat di banding 5 tahun yang lalu. Ia berpesan kepada Pemerintah desa dan masyarakat setempat tetap menjalin komunikasi, saling berkoordinasi dengan pihak keamanan, desa, kecamatan , agar menjadi Simatalu yang aman dan kondusif.

Hadir pada ramah tamah tersebut,antara lain  Kepala Badam BKPSDM Mentawai,  Sermon Sakerebau, Kepala dinas Pendidikan Oreste Sakeru, Kepala dinas Pertanian Hati Sama Hura, Plt kepala dinas Perumahan Budi Siregar, Kabag Hukum Seli Heri Bw, Ketua Dekranasda Ny. Rosmaida Yudas, Tokoh Agama dan  masyarakat setempat. (SS)