Senin, 28 Oktober 2019

Upacara bendera Peringatan Sumpah Pemuda di Kabupaten Kepulauan Mentawai 
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT  - Bertempat di lapangan kantor Bupati Kepulauan Mentawai  di Tuapeijat, hari ini Senin (28/10)  Pemerintah Kabupaten Mentawai peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan melakukan upacara bendera.

Upacara dipimpin oleh Wakil Bupati Mentawai  Kortanius Sabeleake dan dihadiri oleh  Ketua DPRD Mentawai Yosep Sarogdok  beserta anggota, Kapolres Mentawai AKBP Dodi Prawiranegara  beserta anggota, Dandim 0319 Mentawai Letkol Czi Didit Yusnadi beserta anggota, seluruh OPD dilingkungan Pemkab Mentawai, seluruh OKP, para tokoh Pemuda, tokoh agama, serta ratusan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA hingga mahasiswa dari Akademi Komunitas
Negeri Mentawai.

Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake  membacakan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Lebih lanjut Kortanius mengatakan, peringatan hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju“. Tema ini menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

" Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.
Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, " ujar Kortanius

Meskipun demikian, kata Korta pada sisi yang lain perkembangan tersebut mempunyai dampak negatif.

Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya. Untuk itu menurut Korta perlu bagi pemuda membendung hal negatif tersebut dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Kortanius  melanjutkan, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Jika pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

Usai membacakan sambutan tertulis dari Menpora, Kortanius mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Mentawai selalu menjaga persatuan dan kesatuan serta lebih bijak dalam menggunakan media sosial. ( *** )

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK