Selasa, 24 September 2019


Kadis kesehatan Mentawai Lahmuddin Siregar ikut membagikan masker kepada pengguna jalan di Tuapeijat 
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT  -Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Kesehatan daerah setempat membagikan masker kepada pengguna jalan di Tuapeijat.

Kegiatan itu digelar menyusul dampak kabut asap akibat kebakaran  hutan di beberapa kawasan pulau Sumatera yang telah mulai masuk  dan terasa di Kepulauan Mentawai.

Kepala Dinas Kesehatan  Mentawai, Lahmuddin Siregar menyebutkan meski sampai saat ini belum ada laporan  terkait masalah kesehatan khususnya Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)  akibat kabut asap, namun pihaknya tetap waspada, salah satunya dengan pembagian masker ini sebagai upaya perlindungan kepada masyarakat akibat kabut asap.

"Belum ada laporan terkait masalah kesehatan akibat kabut asap ini, namun kita tetap waspada, salah satunya untuk perlindungan kita bagikan masker ini ujar Lahmuddin,  Rabu (25/9).

Lahmuddin mengatakan ada sekira 2.000 pcs masker yang dibagikan hari ini, namun pada hari sebelumnya pihak 
BPBD dan Polres Kepulauan Mentawai juga telah terlebih dulu  membagikan masker bagi warga di Tuapeijat.


"Pembagian masker ini kalau bisa diikuti lembaga masyarakat lainnya.  Semakin banyak yang peduli, akan semakin membantu masyarakat. Sebaiknya kita tangani bersama," ujar Lahmuddin.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada
masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar ruangan jika tidak ada hal penting yang dilakukan, menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi banyak air, serta makan sayur dan buah-buahan untuk meningkatkan stamina.


"Kalau ada yang sakit khususnya ISPA, sebaiknya langsung berobat ke tenaga kesehatan. Semakin cepat ditangani, semakin baik," pungkasnya.

Ia berharap kabut asap bisa segera ditangani sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan yang kronis bagi masyarakat. (KS)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

LINTAS BERITA ASOSIASI LPPL SUMBAR

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK