Jumat, 26 Juli 2019

Tim Terbaik jambore PRB ke VI Tingkat Provinsi Sumatera Diraih Kota Padang 
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Pelaksanaan Jambore PRB Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang Ke VI di Kawasan Wisata Pantai Mapaddegat, Desa Tuapejat, Kepulauan Mentawai dengan Tema "Tingkatkan Siaga Kurangi Resiko Bencana Menuju Ketangguhan Masyarakat Berprinsip Inklusi’' yang berlangsung selama kurang lebih 5 hari tersebut sampai pada penutupan, Jumat (26 /07) berjalan dengan lancar dan sukses.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai Novriadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut, meskipun masih terdapat kekurangan, namun secara umum kegiatan tersebut telah terselenggara dengan sukses. dimana hasil dari kegiatan tersebut telah dirasakan oleh peserta itu sendiri dalam peningkatan kapasitan,

“Secara umum pelaksanaan jambore ini telah berjalan dengan baik, walaupun masih terdapat kekurangan disana-sini, namun dari hasil yang diharapkan kita sudah mendapatkan gambaran tentang peningkatan kapasitan dan sinergitas antar petugas kebencanaan di Provinsi Sumatera Barat,” paparnya saat menyampaikan laporan kegiatan pada penutupan kegiatan tersebut.

Sementara itu  Ia melaporkan bahwa peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut berjumlah kurang lebih 500 orang diaantaranya Peserta utama dari KSB Kabupaten/Kota 225 orang, Peninjau dari 19 Kabupaten/Kota 77 orang, Instruktur dan panitia gabungan provinsi Sumbar 78 orang dan pelaksana lokal tingkat Kabupaten Kepulauan Mentawai 120 orang.

Ia menyebutkan bahwa ada beberapa kegiatan dalam Jambore PRB tersebut diantaranya Peningkatan kapasitas peserta dan pemberian materi, sering pengalaman, pembekalan antar kontingen atau peserta jambore serta simulasi evakuasi mandiri bencana tsunami. Kegiatan lomba tersebut meliputi lomba teknik fasilitasi bidan kebencanaan, lomba manajemen resiko dan kuis pengurangan resiko bencana.

“ Penentuan pemenang berdasarkan nilai setiap cabang lomba dan penentuan juara umum memperebutkan piala gubernur sumatera barat dan piala tetap dari kegiatan ini diharapkan nantinya didapatkan potensi sumber daya relawan yang siap berperan dalam penangan bencana di Provinsi Sumbar terutama di daerah masing-masing, " pungkasnya.

Adapun Kabupaten/Kota yang meraih juara Lomba Teknik fasilitasi antar lain Peringkat IV Kota Bukittinggi, Peringkat III Kota Padang, Peringkat II Kabupaten Kepulauan Mentawai dan  Peringkat I Kabupaten Agam.

Kemudian pemenang Kuis Pengurangan Resiko Bencana antara lain Peringkat IV Kota Sawa Luntoh, peringkat ke III Kota Padang, Peringkat Ke II Kabupaten Tanah Datar dan Peringkat I Kota Bukittinggi

Selanjutnya pemenang lomba manajemen posko peringkat VI Kabupaten Pesisir Selatan, Peringkat III Kabupaten Agam, Peringkat II Kota Padang, Peringkat I Kabupaten Kepulauan Mentawai

Sementara itu Tim terbaik jambore PRB ke VI Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019 di Kepulauan Mentawai dengan Tema "Tingkatkan Siaga Kurangi Resiko Bencana Menuju Ketangguhan Masyarakat Berprinsip Inklusi’' diraih oleh Kota Padang, dimana sebelumnya piala gubernur tersebut dipegang oleh Tim Mentawai.(Red)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

LINTAS BERITA ASOSIASI LPPL SUMBAR

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK