Iklan

Tertimbun Material Longsor, Akses Rokot—Matobek Kecamatan Sipora Selatan Masih Terputus

Jumat, 07 Juni 2019, Juni 07, 2019 WIB Last Updated 2019-06-07T05:06:49Z
Lokasi tanah longsor di desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan
SASARAINAFM.COM, MATOBE — Hujan lebat yang mengguyur Desa Matobek, Kecamatan Sipora Selatan pada Kamis siang kemarin (06/06) mengakibatkan tebing di jalan Rokot — Matobek, Kecamatan Sipora Selatan longsor, sehingga akses kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat terputus.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai Armen kepada Sasarainafm.com saat dihubungi melalui telepon selulernya, Jumat (07/06) membenarkan adanya kejadian bencana longsor tersebut, meskipun tidak memakan korban jiwa, namun akses jalan darat terputus total.

" Kemaren siang kebetulan salah satu staf BPBD hendak menuju Sioban, namun saat di jalan Rokot ditemukan ada kejadian longsor, hal tersebut dilaporkan langsung ke Operator BPBD yang bertugas, mendapatkan informasi sekitar pukul 14:35 Wib, kita bersama tim Polri dan TNI serta Tim SAR melakukan peninjauan ke lokasi kejadian, " tuturnya.

Setelah melakukan pemantauan kata Armen material longsor yang rencananya dieksekusi dengan cara manual menggunakan cangkul tidak bisa dilakukan, dikarenakan tumpukan material terlalu tinggi dan akan membutuhkan waktu yang cukup lama, akhirnya tim meminta bantuan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mentawai menurunkan alat berat untuk membersihkan material.

" Sekitar 1 jam kami di TKP dan melihat kondisi tumpukan material terlalu tinggi dan harus menggunakan alat berat untuk membersihkannya, akhirnya saya meminta petunjuk ke Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Mentawai untuk meminta bantuan Dinas PU," paparnya.

Ia menyebutkan pengerjaan pembersihan material longsor sudah dimulai sejak malam tadi, namun karena terjadi kendala teknis pada mesin alat berat dan hari sudah mulai larut akhirnya aktivitas dihentikan dan dilanjutkan pagi ini.

" Semalam alat berat sudah mulai bekerja menyingkirkan material longsor, namun karena mengalami kerusakan dan malam pun mulai larut, pekerjaan dilanjutkan pagi ini, kami dari BPBD juga akan membawa mobil tanki untuk menyemprot sisa material longsor, agar jalan tidak licin, "tuturnya.

Ia berharap hari ini pembersihan material longsor segera tuntas dan perjalanan arus kendaraan baik yang menuju Sipora Utara maupun Sipora Selatan bisa berjalan lancar. (red)

Catatan Redaksi : Berita ini sekaligus merupakan ralat dari berita sebelumnya yang menyatakan peristiwa longsor terjadi di wilayah kecamatan Sipora Utara, yang benar peristiwa terjadi di wilayah kecamatan Sipora Selatan. Terima kasih
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tertimbun Material Longsor, Akses Rokot—Matobek Kecamatan Sipora Selatan Masih Terputus

Terkini

iklan2

Iklan