Iklan

Kadis Koperindag Mentawai Ajak UMKM Berdagang Di Pasar Rakyat

Minggu, 03 Maret 2019, Maret 03, 2019 WIB Last Updated 2019-03-03T06:39:43Z
Add caption

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Mentawai telah membangun Pasar sebagai pusat perbelanjaan, untuk itu masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diajak untuk memanfaatkan pasar rakyat tersebut.

Hal itu ia sampaikan Kepala Dinas Koperindag Mentawai Elisa Siriparang melalui Sasarainafm.com, Pada Rabu (27/02) di ruangan kerjanya, dimana kata Elisa pasar-pasar yang dibangun tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan inflasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat..

"Kita menghimbau masyarakat pedagang kecil untuk memanfaatkan pasar yang kita bangun, tujuan kita dengan adanya pasar tersebut bisa mengurangi angka inflasi yang sekarang ini sedang naik, kemudian meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya UMKM," tuturnya.

Ia menyebutkan sejauh ini pasar belum begitu dimanfaatkan oleh masyarakat, padahal dengan adanya pasar aktivitas jual beli akan terpusat, sehingga para pembeli hanya menuju satu tempat untuk berbelanja.

"Kalau ada hasil bumi masyarakat, katakanlah itu seperti Sayuran, buah-bahan, keladi dan pisang misalnya atau hasil tangkapan ikan, kemudian dagangan kebutuhan harian, bisa dipasarkan di petak-petak yang sudah dibuat, untuk awal pasar yang baru belum kita kenakan retribusi, tetapi setelah berkembang nanti baru ada retribusi sesuai dengan Perbub yang sudah ada sejak 5 tahun lalu, " bebernya..

Sementara itu ia menyebutkan pasar-pasar yang dibangun di tempat yang strategis yang tidak jauh dari pemukiman penduduk dan memiliki akses jalan saat ini sudah mulai berkembang misalnya pasar di Kecamatan Siberut Utara, Kecamatan Siberut Selatan, Kecamatan Sipora Selatan, para pelaku usaha sudah memanfaatkan pasar secara maksimal.

Tahun 2019 ini pihaknya akan merevitalisasi dua pasar diantaranya Pasar Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara dengan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 1,8 Miliar dan Pasar Sioban, Kecamatan Sipora Selatan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 2 Miliar.

"Kita meminta kepada Camat selaku kepala wilayah di lingkungan Kecamatan untuk mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan pasar tersebut, ini yang perlu kita tekankan," pungkasnya. (red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadis Koperindag Mentawai Ajak UMKM Berdagang Di Pasar Rakyat

Terkini

iklan2

Iklan