Iklan

KPU Mentawai Pastikan Distribusi Logistik Aman Sampai Ke TPS

Selasa, 19 Februari 2019, Februari 19, 2019 WIB Last Updated 2019-02-19T00:54:33Z
Ketua KPU Kab.Kepulauan Mentawai, Eki Butman

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai pastikan pendistribusian surat suara aman sampai ke ratusan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Kepulauan Mentawai.

Ketua KPU Kabupaten Eki Butman mengatakan pada pendistribusian surat suara ada dua hal yang harus dilakukan yang pertama strategi menghadapi kondisi geografis Mentawai sebagai Kepulauan, dimana kotak dan surat suara tidak boleh basah ataupun rusak terkena air. Yang kedua menghindari terjadinya unsur kecurangan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk pendistribusian surat suara dan kotak suara di beberapa pulau yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan darat strategi kita yang pertama surat suara dan kotak suara kita bungkus dua lapis dengan plastik, kemudian untuk pengamanan kita berkoordinasi dengan pihak kepolisian, " kata Eki Butman saat diwawancarai di ruang kerjanya, pada Senin (18/02).

Ia menyebutkan pada Pemilu Tahun 2019 nanti, berdasarkan TPS yang ada, Mentawai membutuhkan sedikitnya 1.800 kotak suara, sementara yang baru datang sebanyak 1.695 dan dari seluruh kotak suara yang ada terdapat dua yang rusak, untuk pihaknya masih menunggu penambahan kotak suara sedikitnya 107 lagi.

"Saat pendistribusian kotak suara terdapat kerusakan 2 buah, dimana kekurangan dan kerusakan telah kita laporkan ke KPU RI, kenapa terdapat kekurangan karena pada saat pleno DPTHP II pada bulan Desember 2018, terdapat penambahan TPS yaitu 10 TPS makanya kotak suara pun juga ikut bertambah, dimana sekarang jumlah TPS menjadi 337 dan masing-masing TPS mendapatkan 5 kotak suara, " ungkap Eki.

Lebih lanjut dikatakannya selain di TPS kotak suara juga terdapat terdapat di tingkat PPK digunakan untuk rekap suara, kemudian kotak suara juga terdapat di tingkat Kabupaten gunanya untuk rekap suara tingkat Kabupaten, sedangkan rekap surat suara di tingkat PPS sendiri kata Eki Tahun ini telah ditiadakan. 

Ia juga menghimbau dan mengharapkan kepada masyarakat di tingkat bawah maupun di lapangan nantinya bersama-sama untuk menjaga keamanan logistik, karena kata Eki sebagus apapun kalau tidak dijaga pasti akan cepat mudah rusak, sebaliknya Sekurang kurangnya kualitas logistik pemilu kalau dijaga pasti akan selamat..

"Berikutnya terkait dengan pendistribusian logistik ini, merupakan sebuah tantangan kita di Indonesia khusus kita di Kabupaten Kepulauan Mentawai, bahwa situasi Mentawai yang dikatakan ekstrem baik geografis maupun itu iklim dan ditantang dengan perubahan regulasi terkait surat suara pemilu dimana sekarang kotak suara tidak memakai alumunium lagi tetapi menggunakan duplex, " tuturnya.

Ia menjelaskan pada saat pemilihan nanti, peserta pemilih akan mencoblos 5 surat suara diantaranya surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPRD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, dimana warna surat suaranya berbeda-beda diantaranya warna Abu-abu kertas suara untuk Capres dan Cawapres, warna kuning untuk surat suara DPR RI, warna merah untuk surat suara DPD RI, warna biru untuk surat suara Provinsi dan warna hijau untuk surat suara DPRD Kabupaten/Kota. 

Sementara suarat suara yang yang sudah datang di Kabupaten Kepulauan Mentawai diantaranya surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil presiden, DPD RI, DPRD RI dan DPRD Provinsi masing-masing sebanyak 64.434 lembar. Sedangkan surat suara Untuk Pileg DPRD Kabupaten dibagi menjadi tiga Daerah Pemilihan (Dapil) Dapil I sebanyak 15.992 surat suara, Dapil II sebanyak 19. 883  dan Dapil III sebanyak 28. 559 surat suara.

Selanjutnya surat surat suara tersebut akan didistribusikan ke seluruh TPS dimulai ada H—7 dan penjemputan surat suara dilakukan hingga H+7,"Jadi kita mulai mendistribusikan ke TPS yang lebih jauh dulu, kemudian terakhir baru TPS yang dekat seperti di seputar pusat Kabupaten ini," timpalnya.

"Kita menghimbau kepada seluruh Masyarakat khususnya terdaftar sebagai pemilih, gunakanlah hak pilih sebaik mungkin, kenalilah calon pilihan anda, karena 5 menit menentukan 5 tahun perjalanan demokrasi baik di daerah maupun di negara kita ini," pungkasnya (red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Mentawai Pastikan Distribusi Logistik Aman Sampai Ke TPS

Terkini

iklan2

Iklan