Iklan

Unand Kaji Rencana Pembangunan Kawasan Sentra Peternakan Sapi Di Mentawai, Ini Hasilnya....!

Senin, 10 Desember 2018, Desember 10, 2018 WIB Last Updated 2018-12-10T02:34:41Z
Seminar Kajian akademis Desain Pembangunan Kawasan Sentra Peternakan Sapi Potong

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Kepulauan Mentawai berpotensi dijadikan sebagai Kawasan Sentra Peternakan Sapi Potong, dimana di empat pulau yakni Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Selatan masih memiliki banyak lahan kosong. 

Hal tersebut dikatakan Dekan Fakultas Peternakan Unand Prof. Dr. Ir James Hellyward kepada Sasarainafm.com saat acara seminar kajian akademis desain pembangunan kawasan sentra peternakan sapi potong, pada Rabu, (05/12) di Ruang Rapat Bupati Kepulauan Mentawai.

" Mentawai sangat berpotensi dijadikan sebagai kawasan sentra peternakan sapi potong, lahan kosongnya sangat luas, untuk itu kita ingin menjadikan Mentawai untuk pengembangan sapi, " ungkapnya.

Menurutnya keberadaan wilayah Mentawai di pulau terluar itu, memiliki banyak peluang untuk mendapatkan pendanaan dari pemerintah terkait pengembangan sapi potong, hanya saja semua administrasi dan syarat yang diperlukan harus dilengkapi masing-masing kelompok peternak. .

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai Novriadi di tempat yang sama mengatakan dalam tahun 2019 nanti pihaknya akan membuat regulasi terkait pengembangan kawasan sentra peternakan sapi tersebut.

"Dari hasil kajian ini, nanti akan ada pemetaan kawasan sentra peternakan, kita akan kejar regulasi semacam peraturan Bupati tentang penetapan kawasan tersebut, setelah itu baru kita bergerak ke yang teknisnya, " paparnya.

Ia menyebutkan tahun 2019 akan ada bantuan sapi sebanyak 20 ekor sapi bali untuk kelompok peternakan di Desa Mara, Kecamatan Sipora Selatan, melalui dana APBD Tahun 2019, dimana lahan penghijauan nya suda ada sekitar 5 hektare, " Selain desa mara ada kelompok yang juga sedang kita kuatkan dan mulai ada perkembangan itu kelompok di Saibi, Saliguma dan Maileppet," katanya.

Seminar tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake dan dihadiri oleh sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mentawai. (red)



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Unand Kaji Rencana Pembangunan Kawasan Sentra Peternakan Sapi Di Mentawai, Ini Hasilnya....!

Terkini

iklan2

Iklan