Iklan

Wakil Bupati Mentawai Minta Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana

Senin, 19 November 2018, November 19, 2018 WIB Last Updated 2018-11-19T04:12:13Z
Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake saat meninjau pasukan peserta apel kesiap-siagaan bencana di Tuapejat

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT  - Guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar apel pasukan kesiapsiagaan bencana di halaman Sekretariat Daerah Mentawai,  Senin,  (19/11).

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake dalam amanatnya meminta seluruh unsur terkait,  dunia usaha dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan di tengah ketidakpastian akan terjadinya bencana alam..

"seluruh elemen baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dihimbau tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana," tuturnya.

Ia berharap, sumber daya manusia (SDM) yang telah mengikuti pelatihan dan pasukan yang sudah ada agar menyempurnakan dan menggiatkan latihan dan meningkatkan kesiapsiagaan.

Lebih lanjut ia mengatakan,  selain memiliki budaya dan pariwisata,  wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai juga memiliki potensi bencana yang sangat besar.

Maka dalam hal tersebut ia meminta seluruh masyarakat agar meningkatkan kemampuan dalam menghadapi bencana.

"masyarakat kita perlu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi  bencana dan tentunya juga masyarakat harus mampu menjaga kenyamanan bagi wisatawan, "harapnya..

Kortanius juga berharap dengan adanya pelaksanaan apel ini mampu mengurangi dampak akibat bencana alam yang borpotensi terjadi di seluruh wilayah Bumi Sikerei.

Kortanius menambahkan, dalam rangka pembangunan kesiap-siagaan untuk menghadapi bencana, perlu dilakukan berbagai upaya pengurangan risiko bencana baik ditingkat pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dimana tingkat ancaman bencana gempa dan tsunami sangat tinggi.

"bencana alam bisa terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi. Kondisi demikian sering mengejutkan masyarakat sehingga masyarakat tidak siap," ujarnya.

Usai pelaksanaan kegiatan apel kesiap-siagaan bencana alam Kortanius  melakukan pemeriksaan kesiapan sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana alam.

Apel yang diselenggarakan Pemkab Mentawai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)   ini diikuti seluruh anggota BPBD, Tagana, Kodim  0319 Mentawai , Polres Mentawai, Satpol PP, Basarnas serta seluruh Tim Relawan Bencana Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Nbl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wakil Bupati Mentawai Minta Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana

Terkini

iklan2

Iklan