Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Selasa, 06 November 2018


SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT-  Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Mentawai, selenggarakan lomba Balita Sehat di Aula Sekretariat Daerah Km 5, Kecamatan Sipora Utara.

Sebanyak 21 orang anak dan ibu mengikuti lomba Balita sehat merupakan perwakilan beberapa Kecamatan yang ada di Kepulauan Mentawai..

Kepala Dinkes Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan bahwa peserta yang ikut sebenarnya penyuluh yang sengaja diundang untuk mengikuti kegiatan lomba di Tuapeijat.

“Sebenarnya ini kan bentuk penyuluhan, namun penyuluhannya kita undang dengan membawa anak, itu adalah filosofinya, jadi dari situ mereka akan tahu apa kekuranagan anaknya, apa kelebihannya, dan selanjutnya mereka akan menyampaikan hal ini kepada tetangga, atau keluarga lainnya,” Kata Lahmuddin saat ditanya pada Selasa (6/11) di aula Setda Mentawai.

Kemudian yang dinilai dalam perlombaan balita sehat, yaitu tentang psikologi anak sesuai dengan umurnya, gizi anak, termasuk pengetahuan orang tua anak dinilai.

“Pengetahuan orang tuanya juga dinilai, artinya orang tua juga harus banyak paham, ketika dia paham, selain bisa mengurus anaknya juga bisa menjadi duta ibu - ibu yang lain, inilah bagian - bagian yang kita nilai,” lanjutnya..

Dijelaskannya, perlombaan ini akan memilih yang baik dari yang terbaik, tetapi semua yang hadir dalam perlombaan balita sehat, merupakan yang baik.

“Anak - anak itu harus cerdas, tidak juga cerdas kesehatanpun perlu di perhatikan. Sehat itu tidak harus diberikan makanan yang mewah, namun makanan yang ada di Mentawai, seperti subbet, batra, keladi dan mengandung gizi untuk tumbuh kembang anak,” lanjutnya.

Lahmuddin menambahkan, Salah satu tindakan menjaga kesehatan itu dalah tidak merokok didekat anak, menurutnya kalau orang atau suami dilarang merokok orang marah, ia menjelaskan kalau suami merokok bawa anak keluar, “nanti suami sendiri yang sadar dan nantinya bisa bicara baik - baik, jadi bicara dengan halus saja,”. Tuturnya.

Adapun pemenang lomba balita sehat yakni, anak usia 6 - 24 bulan, juara 1 diraih oleh Aleze Karnia, juara 2 Aira, dan juara 3 Aurelia Santika.

Kemudian anak usia 25 - 60 bulan juara 1 diraih oleh Karissa Akila, juara 2 Ade Eva, dan juara 3 di raih oleh Felisia. (Suntoro)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK