Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Rabu, 14 November 2018


SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT – Danlanal Mentawai Letkol Laut Anis Munandar mengajak Masyarakat Mentawai untuk mengingat istilah “Mencega lebih baik dari pada mengobati” agar terhindar dari serangan penyakit.

Hal itu ia kemukakan kepada wartawan usai mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), pada selasa kemarin (13/11) di selenggarakan di halaman kantor Bupati Kepulauan Mentawai. Dimana peringatan HKN yang ke 54 ini, Kementrian Kesehatan mengangkat tema “ Hidup Sehat dimulai dari kita”.

“Saya setuju dengan istilah kesehatan An ounce of prevention is worth a pound of cure (mencegah lebih baik dari pada mengobati) tentu dengan cara mebiasakan diri untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sehingga kita bisa terhindar dari penyakit,” ungkapnya.

Ia menyebutkan selama ini Masyarat belum begitu menjalankan istilah kesehatan tersebut, sehingga menganggap sepele, namun ketika terkena penyakit akan susah dan mahal biaya pengobatan. “kalau kita sudah berusaha menghindar dari penyakit, tetapi dia datang juga itu sudah kehendak yang maha kuasa,” tuturnya..

Pola hidup bersih dan sehat menurut Anis cukup sederhana misalnya merawat gigi, selama ini banyak ditemukan orang yang masih muda ternya sudah ompong, hal itu dikernakan tidak rajinnya seseorang menyikat gigi, “Nah kalau sudah ompongkan yang susah kita sendiri, coba kita rajin menyikat gigi,” imbuhnya.

Ajakan kesehatan itu juga disampaikan Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dan beberapa unsur forkopimda yang hadir saat itu seperti Waka Polres Mentawai, Kepala BPJS Mentawai, Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mentawai dan Tokoh Agama.

Untuk diketahui dalam rangka memperingati HKN Dinas Kesehatan (Dinkes) Mentawai melakukan berbagai kegiatan mulai dari lomba tingkat pelajar sampai tingkat kader posyandu terkait dengan kesehatan. Dimana dalam puncaknya Dinkes menggelar senam massal dan memberikan sejumlah pengharggan kepada pihak yang telah berkontribusi terhadap kesehatan. (red).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK