Iklan

Kanker Tiroid Serang Warga Pagai Selatan

Senin, 06 Agustus 2018, Agustus 06, 2018 WIB Last Updated 2018-08-08T08:40:57Z
PAGAI SELATAN, SASARAINA NEWS-Kangker tiroid atau pembesaran pada kelenjar gondok masih menjadi penyakit yang banyak dialami oleh warga masyarakat di Pagai Selatan. Salah satu yang menjadi penyebab munculnya gejala kelenjar godok yakni, kurangnya mengkonsumsi yodium.
Demikian dikatakan oleh Dokter Spesialis bedah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Mentawai, Dogma H.S, kepada Mentawaipos beberapa waktu lalu di ruangan kerjanya. Menurut dia, pada awalnya pertumbuhan kanker tiroid itu sendiri hampir tidak memiliki gejala sama sekali.

“Pembesaran kelenjar gondok merupakan masalah multi factorial. Salah satunya, yakni kurangnya mengkonsumsi yodium,” ungkapnya. Fungsi yodium itu sendiri, kata dia, sebagai bahan dasar pembuatan hormondiroksin..

Apabila hormon itu kurang, kata dia, hal ini akan menyebabkan efek negatif pada tubuh manusia. Hal ini juga dapat menyebabkan efek sel gondok di leher merangsang tumbuhnya sel gondok untuk produksi hormon diroksin tuturnya.

Selain itu, dikatakan Dogma, banyaknya warga masyarakat di Pagai Selatan mengidap penyakit kanker teroid, juga disebabkan seringnya mengonsumsi air hujan. Dia berharap agar masyarakat mengenali jenis penyakit dan mengonsumsi garam yang mengandung yodium dan mengurangi mengonsumsi air hujan.

Sementara Helen salah seorang perawat di Dusun Pinaeruk, Pagai Selatan, mengatakan pasien ada lima orang pasien yang ditanganinya dengan rata-rata mengidap penyakit kanker tiroid.(jhn)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kanker Tiroid Serang Warga Pagai Selatan

Terkini

iklan2

Iklan