Iklan

Tekan Inflasi, Pj Bupati Mentawai Ajak OPD Galakkan GerakanTanam Cabai

Jumat, 29 Maret 2024, Maret 29, 2024 WIB Last Updated 2024-03-29T04:33:31Z

Penjabat Bupati di dampingi Forkopimda dan OPD se- Kabupaten Kepulauan Mentawai Lakukan Aksi Gerakan Penanaman Cabai, di Lokasi UPT Balai Beni Utama Sipora Utara Km 8, Kamis (28/03)


SASARAINAFM.COM |TUAPEJAT- Pj Bupati, Fernando Jongguran Simanjuntak dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah se- Kabupaten Kepulauan Mentawai menggalakkan aksi tanam cabai sebagai upaya untuk menekan angka inflasi. Kegiatan itu berlangsung dilokasi UPT Balai Beni Utama Sipora Utara Km 8, Kamis (28/03).

Fernando dalam sambutannya mengatakan, Gerakan menanam cabai ini merupakan salah satu bagian dari upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk menekan angka inflasi harga bahan pokok atau lebih dikenal indeks perkembangan harga. Menurutnya Hal itu dilakukan sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri Republik indonesia untuk menangani inflasi dimana salah satunya gerakkan Menanam Cabai.


“ ada 4 komoditi yang yang ternyata 2 bulan ini mentriger perkembangan indeks perkembangan harga, yaitu beras, daging, ayam dan Cabe merah, tentu ini harus segera kita sikapi sesuai arahan Menteri Dalam Negeri, ada enam langkah untuk menangani inflasi, dimana salah satunya adalah gerakkan Menanam,” ujarnya.


Dalam kesempatan itu Fernando juga menyerukan dan mengajak semua Organisasi Perangkat daerah se- Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk melakukan gerakan menanam cabai untuk menjaga stok dan kestabilan harga komoditas. Menurutnya hal itu perlu diantisipasi dengan peduli untuk menanam atau melakukan gerakan untuk tanam holtikultura di lingkungan perkantoran maupun dipekarangan rumah.




“ mohon dukungan kita semua demi kemajuan Kepulauan Mentawai, saya meminta semua organisasi perangkat daerah, baik camat, desa dan seluruh OPD di Lingkup pemkab Mentawai untuk melakukan gerakan penanaman cabai di lingkungan perkantoran atau pekarangan rumah.’’ Ajak Fernando.

Fernando berharap semua pihak dapat berperan serta dalam menekan angka inflasi serta memanfaatkan lahan pekarangan di lingkungannya masing-masing.


“ kami menugaskan seluruh perangkat pemerintah mulai dari desa, kecamatan, dan kepala OPD untuk menanam cabai di pekarangan kantor masing masing sebanyak 200 batang.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Hatisama Hura mengatakan Gerakan menanam cabai serentak ini merupakan arahan dan inisiatif dari Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai.


“ program penanaman cabe serentak di seluruh OPD termasuk Desa dan camat se- Kabupaten Kepulauan Mentawai ini merupakan inisiatif  pak bupati, dengan jumlah yang ditanam 13.800 batang. 


Selain itu, Hatisama Hura juga menyebutkan tidak hanya penanaman cabai tetapi juga dilakukan penanaman jagung di pekarangan rumah. 


Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Mentawai, Kejari Mentawai, Dandim 0319 Mentawai, Kapolres Mentawai, Kadis Pertanian serta beberapa Kepala OPD dan beberapa Kepala Desa se-Kecamatan Sipora Utara. {Md}


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tekan Inflasi, Pj Bupati Mentawai Ajak OPD Galakkan GerakanTanam Cabai

Terkini

iklan2

Iklan