Iklan

Ketua Balawista Mentawai Berharap, Pemkab Dukung Pembangunan Posko Balawista Secara Permanen

Selasa, 05 Desember 2023, Desember 05, 2023 WIB Last Updated 2023-12-05T14:56:21Z

Tim Balawista Mentawai dalam Giat Bersih Pantai Mapaddegat

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Peringati hari ulang tahun badan penyelamat wisata tirta atau balawista mentawai yang ketiga tahun personil balawista melakukan  aksi bersih pantai dan  merefresh kembali skill yang dimiliki melalui kegiatan Run Swim Run Beach Flags  dan Board Race, di Mapaddegat beberapa waktu lalu.

Ketua Balawista Kabupaten Kepulauan Mentawai  Parlin Siahaan mengatakan peran Balawista dalam menjaga kawasan pantai yang kerap dikunjungi warga lokal maupun wisatawan sangat penting untuk menjaga keselamatan ketertiban kebersihan lingkungan dan kenyamanan pengunjung serta adanya panduan atau rambu-rambu dari petugas balawista di pesisir pantai  pengunjung  dapat merasa aman dan terhindar dari ancaman bahaya di tengah laut seperti memandu pengunjung menghindari sengatan bulu babi dan ubur-ubur yang sering mengintai di pesisir pantai maupun lokasi berenang yang rawan kecelakaan laut.


“ saya berharap pemerintah daerah mendukung pembangunan posko permanen balawista, sarana prasarana juga pelatihan sertifikasi personil.’’ Ujarnya.


Parlin menambahkan Balawista Kabupaten Kepulauan Mentawai yang kini berusia tiga tahun, memiliki sepuluh personil yang aktif dan bertugas di empat spot di sekitar pantai mapaddegat dan satu spot di pantai jati, biasanya personil balawista berpatroli  setiap sabtu dan minggu atau saat liburan di pesisir pantai yang semakin ramai  pengunjung.  sementara , personil balawista di daerah lainnya yang baru dibentuk yaitu di desa matobe,  desa goiso’ oinan dan desa bosua.


Parlin juga menyebutkan personil Balawista sendiri telah dibekali pelatihan pemandu keselamatan tirta namun perlu untuk merefresh kembali skill secara berkala untuk meningkatkan kompetensi personil salah satunya kemampuan berenang ketangkasan stamina dan attitude yang baik  serta pengetahuan dalam melakukan pertolongan pertama.


“Diharapkan Kompetensi Dan Komitmen Personil Balawista Dalam Melaksanakan Tugasnya Semakin Baik Ke Depannya.’’Imbuhnya.


Ia berharap personil balawista ke depan lebih serius dan komitmen melaksanakan tugasnya dalam menjaga kawasan pantai dan  memandu pengunjung pantai sehingga aman dan nyaman serta zero accident. 


Sementara Itu, Kepala Dusun Mapaddegat Hendri Pogos Munthe mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung keberadaan balawista dan organisasi lainnya dalam membangun dan menunjang keberlanjutan pariwisata ke depannya. {Md}.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua Balawista Mentawai Berharap, Pemkab Dukung Pembangunan Posko Balawista Secara Permanen

Terkini

iklan2

Iklan