Iklan

54 Siswa Tingkat SMP Sipora Utara dan Sipora Selatan Ikuti Lomba Cerdas Cermat Antar Pelajar

Sabtu, 30 September 2023, September 30, 2023 WIB Last Updated 2023-09-30T10:27:20Z

Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simajuntak saat membuka Lomba


SASARAINAFM.COM| 
TUAPEJAT -
 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II ( Lamtamal II Padang ) menggelar   Lomba Cerdas Cermat antar pelajar tingkat SMP se Kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan tema utama mengembangkan wawasan kebangsaan.

Penjabat Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simajuntak dalam sambutan pembukaan kegiatan itu menyebutkan lomba cerdas cermat bukan sekedar  meningkatkan mental siswa melalui adu pengetahuan melainkan sekaligus meningkatkan kepercayaan diri untuk membangun wawasan kebangsaan bagi generasi muda.


" Dengan kegiatan ini diharapkan akan lebih menekankan kita khususnya kepada generasi muda, siswa siswi peserta lomba, agar membingkai, merawat kebangsaan dalam hati nurani kita masing-masing. Karena  wawasan kebangsaan sangat penting untuk merajut kebangsaan dalam rangka membangun  negara republik indonesia,” Kata Fernando, Jumat (29/9)



Fernando meminta siswa-siswi peserta lomba cerdas cermat sebagai generasi muda  harus terus belajar dan  bersaing hingga dapat berperan menjadi tunas-tunas mentawai, menjadi generasi masa depan mentawai dan juga menjadi pelaku indonesia emas tahun 2045.


Lomba cerdas cermat yang digelar selama 2 hari yaitu pada Jumat (29/9) sampai Sabtu (30/9) itu diadakan dalam rangka  menyongsong hari jadi Kabupaten ke 24 tahun dan perhelatan budaya Festival Pesona Mentawai  4-7 Oktober 2023.

Sementara menyinggung persiapan Festival Pesona Mentawai, Pj. Bupati Mentawai menyatakan optimis akan berlangsung dengan baik, hal itu diyakini dengan adanya persiapan yang sampai saat ini sduah berjalan dengan baik, termasuk kesiapan fasilitas pendukung serta sarana dan prasarana lainnya.


Menurut Fernando dalam menyiapkan daerah tujuan wisata yang potensial, ada persyaratan 3-A yang perlu dipenuhi yakni Akses pencapaian menuju ke lokasi destinasi wisata yang harus mudah, Atraksi yang menarik pada lokasi wisata  dan adanya fasilitas penunjang kebutuhan wisatawan saat berada di lokasi, seperti tempat menginap, tempat makan, tempat belanja souvenir lokal dan kebutuhan toilet yang sehat dan bersih.


Festival Pesona Mentawai 2023 dengan mengangkat tema  'Arat Samba Langgaku Simalainge' ( Budaya dan alamku yang indah) menurut rencana akan dihadiri Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, dan dibuka tepat pada peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Mentawai ke-24 tahun.


Pada susunan acara yang dikeluarkan pihak panitia FPM 2023, disebutkan setelah acara pembukaan pada kawasan wisata pantai Mapadegat, Festival Pesona Mentawai akan dimulai dengan pawai budaya oleh masyarakat dan pawai pembangunan oleh masing-masing OPD Pemkab Mentawai, kemudian selama  empat hari pelaksanaan festival (4-7 Oktober 2023), pagelaran yang diadakan di antaranya seni budaya, berupa musik hingga tari tradisi, lalu pameran kuliner dan ekonomi kreatif.


FPM 2023 juga akan dimeriahkan dengan  peragaan busana Mentawai, tari kreasi Mentawai, teater rakyat, atraksi tato mentawai, atraksi kerajinan batik Mentawai, voli pantai, atraksi ritual kebudayaan (paruak/pamanai), wisata herbal, lomba foto event dan video promosi, pawai budaya dan pembangunan. Kemudian, pameran suvenir, diving, snorkeling, fishing, atraksi kuliner dan hiburan musik dari seniman-seniman daerah.


FPM 2023 yang digelar Pemerintah Kabupaten kepulauan Mentawai tahuun ini menargetkan  tamu undangan sebanyak 2.000 orang selama empat hari pelaksanaan kegiatan FMP 2023. (Md/Ms)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 54 Siswa Tingkat SMP Sipora Utara dan Sipora Selatan Ikuti Lomba Cerdas Cermat Antar Pelajar

Terkini

iklan2

Iklan