Iklan

Peringati Hardiknas 2023, Pj Bupati Mentawai Ajak Guru Menjadi Penggerak Semangat Merdeka Belajar

Rabu, 03 Mei 2023, Mei 03, 2023 WIB Last Updated 2023-05-03T04:53:12Z

Pj. Bupati Mentawai Martinus D berfoto bersama guru dan murid-murid SD peserta upacara  Peringati Hardiknas 2023  

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT - Peringati Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, Pj Bupati Mentawai Martinus Dahlan ajak setiap guru  dapat menjadi teladan bagi siswa siswi dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Martinus, Guru guru yang mengajar disetiap daerah pelosok Mentawai harus menjadi teladan yang baik kepada siswa siswinya. Guru juga menjadi penggerak dalam hal perubahan dan dapat menciptakan generasi generasi yang menyenangkan Mentawai itu sendiri.


Hal ini diminta Pj Bupati Mentawai Martinus Dahlan dalam ramah tamah bersama para guru dan pejabat daerah setempat, usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Km 5 Tuapeijat, Selasa (2/5).



Sementara pada waktu upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah, Pj, Bupati membacakan amanat Mendikbudristek dan Menteri Dalam Negeri. Pada  pidato amanatnya Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menyebutkan bahwa para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu membekukan berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas diubah di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.


Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.


Pada jenjang perguruan tinggi, para mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.


Terkait dari segi pembiayaan, pencarian langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.


Menurut Nadiem Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat  untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang telah dihadapi, juga setiap langkah berani yang telah diambil.


“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan”, ujar Menteri dalam amanat yang dibacakan Martinus 



Menanggapi hal itu, Pj Bupati menyatakan agar para guru di setiap pelosok Mentawai harus memiliki semangat yang tinggi. Guru siap ditempatkan dimanapun penempatannya. Jangan sering minta pindah ke tempat yang lebih nyaman.


“Dalam momen hari Pendidikan Nasional tahun 2023 ini, guru harus menjadi generasi yang berkualitas dan guru guru yang mengabdi disetiap pelosok Mentawai harus diperkuat”, pungkas Martinus Dahlan. (MD)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Hardiknas 2023, Pj Bupati Mentawai Ajak Guru Menjadi Penggerak Semangat Merdeka Belajar

Terkini

iklan2

Iklan