Iklan

Wabup Mentawai Ajak OPD Terkait Bersinergi Dengan Dinas Sosial Terkait Kesejahteraan Sosial

Rabu, 18 Mei 2022, Mei 18, 2022 WIB Last Updated 2022-05-18T03:55:01Z

Wabup Mentawai Kortanius Sabeleake saat memberikan keterangan pers

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT - Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake menyambut baik kedatangan tim Kemensos RI ke Bumi Sikerei.


Ia berterimakasih bahwa kedatangan tamu tersebut, selain untuk audiensi terkait persoalan-persoalan kesejahteraan sosial dan langkah yang harus dilakukan untuk bersinergi, juga membawa program Taruna Siaga Bencana (Tagana) masuk sekolah, dan lumbung sosial.

 

"Surat kita direspon dengan datang langsung ke Mentawai dan juga membawa program. Program ini sebenarnya sudah ada, namun di OPD kita belum ada. Pada program tersebut ada bantuan sekira Rp,4 miliar,"tutur Kortanius di aula Bappeda, Selasa (17/5/2022).


Korta menjelaskan bahwa ternyata ada program kewirausahaan dan keserasian sosial, seperti bidang olahraga, seni, dan budaya.


"Ke depan, Asisten, dan OPD terkait akan mengolah kembali program tersebut dan tidak bisa hanya melibatkan Dinas Sosial.


Program ini holistik sehingga bersinergi dengan OPD lainnya,"ujar Korta.


Ia menjelaskan bahwa OPD terkait harus bisa mengejawantahkan program tersebut menjadi inovasi.


"Harapannya, inovasi di OPD bisa mengikuti  perubahan baru di Kementerian dan stakeholder lainnya serta berdasarkan kebutuhan di wilayah,"imbuhnya.


Selanjutnya, Ia mengatakan bahwa penanganan sosial mengarah ke langkah antisipasi. 


Kemudian, terkait lumbung sosial, ke depannya perlu menyiapkan fasilitas atau tempat yang aman dan orang yang dapat memantau kondisi kelayakan bantuan tersebut, serta data penerima bantuan.


Ke depan, katanya, perlu kesiapsiagaan personal, kapasitas, dan sumber daya yang ada.


"Ini program yang bagus, memotivasi, dan  inovatif. Sebaiknya bersinergi dengan OPD lain terkait antisipasi sosial, persoalan pangan, konflik sosial, dan sebagainya. Kemudian, jangan sampai bantuan yang diberikan menimbulkan persoalan baru dalam pendistribusiannya. Niat baik Pemerintah dijaga untuk Pelayanan pada publik,"imbuhnya. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wabup Mentawai Ajak OPD Terkait Bersinergi Dengan Dinas Sosial Terkait Kesejahteraan Sosial

Terkini

iklan2

Iklan