Iklan

Pemkab Mentawai Terus Berbenah, Siapkan Destinasi Primadona Wisatawan Mancanegara

Jumat, 11 Maret 2022, Maret 11, 2022 WIB Last Updated 2022-03-11T13:20:18Z

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet, Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi, Kadis Pariwisata Sumbar Luhur Budianda saat menjadi nara sumber pada program dialog Sasaraina FM beberapa waktu lalu.

SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT - Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu destinasi wisatawan mancanegara di Provinsi Sumatera Barat.


Untuk menunjangnya sebagai destinasi wisata internasional, Pemerintah daerah setempat melakukan pengembangan dan perluasan pembangunan bandara Rokot di Desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan.


"Tidak bisa dipungkiri, sebagai daerah Kepulauan sangat bergantung pada sektor pariwisata untuk mengembangkan perekonomian. Pembangunan infrastruktur bandara Rokot ini turut mendukung pariwisata,"tutur Yudas Sabaggalet, Bupati Kepulauan Mentawai saat talkshow Musaraina dengan tema sinergitas Pemerintah daerah dalam mendukung Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 beberapa waktu lalu.


Yudas mengimbuhkan bahwa untuk memajukan pariwisata perlu dieksplore, kolaborasi, dan adanya perhatian dari Pemerintah provinsi maupun pusat. Selain itu, adanya pagelaran event tahunan berkelanjutan.


Menurutnya, dalam dunia wisata hal yang perlu dijaga yakni attitude, hospitality, sanitasi, kreativitas, kualitas, dan sinergitas. Harapannya, wisata tersebut juga memberi dampak pada ekonomi masyarakat setempat. 

  

Sementara itu pada momen yang sama,Medi Iswandi, Kepala Bappeda Sumatera Barat, menuturkan bahwa untuk penunjang  pariwisata selain infrastruktur adalah promosi yang kuat dan memiliki brand.


"Setelah Rokot selesai, penerbangan harusnya berskala internasional. Pangsa pasarnya berbeda. Kemudian, wilayah Kepulauan Mentawai masih orisinil dan sebaiknya memiliki perda untuk menjaga orisinalitas dan kebudayaannya karena Mentawai itu unik, menarik, indah, masyarakatnya ramah dan terbuka, serta bersih,"ujar Medi.


Harapannya, hal tersebut bisa terus terjaga dan turis terus berdatangan. Selain itu, dengan kondisi lahan yang luas, Ia menyarankan agar bisa mengembangkan pertanian sebagai wisata agro ke depannya.


Selama ini, Pemkab Mentawai terus berupaya mengejar pembangunan infrastruktur jalan dan telekomunikasi, revitalisasi objek wisata, SDM, dan pendampingan desa wisata demi eksisnya pesona wisata Bumi Sikerei bagi wisatawan lokal, nusantara, hingga mancanegara. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Terus Berbenah, Siapkan Destinasi Primadona Wisatawan Mancanegara

Terkini

iklan2

Iklan