bannerwebsasarainaedit

Iklan

GANJAR PRANOWO PIMPIN INDONESIAPERSADA.ID

Rabu, 07 Juli 2021, Juli 07, 2021 WIB Last Updated 2021-07-07T07:59:43Z


SASARAINAFM.COM │PASURUAN -
 Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia yang biasa dikenal dengan sebutan INDONESIAPERSADA.ID, sukses melaksanakan Musyawarah Kerja Luar Biasa (Mukernaslub) dengan agenda tunggal Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua Umum. Drs. H. Saifullah Yusuf yang menjabat Ketua Umum selama dua tahun, periode 7 Pebruari 2019 hingga 7 Juli 2021, menyatakan mengundurkan diri dan mengusulkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk memimpin INDONESIAPERSADA.ID hingga periode 7 Pebruari 2023 mendatang.

 

Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia adalah organisasi yang mewadahi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio dan TV yang didirikan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Didirikan di Surabaya dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) dalam acara Konferensi Nasional LPPL Indonesia pada 6 – 7 Pebruari 2021.

 

“Saya telah meminta kesediaan Pak Ganjar untuk melanjutkan tugas saya memimpin INDONESIAPERSADA.ID dan Alhamdulillah Beliau berkenan menjadi Ketua Umum,” ungkap Gus Ipul, sapaan akrab Syaifullah Yusuf dalam pengarahan secara virtual dari Rumah Dinas Wali Kota Pasuruan Jawa Timur.

 

Gus Ipul juga menyampaikan harapannya agar Pemerintah Daerah harus memberikan support keberadaan LPPL di daerahnya agar LPPL mampu bersaing dengan lembaga penyiaran lainnya di Indonesia. Kemudian INDONESIAPERSADA.ID tujuannya adalah penguatan kelembagaan LPPL di Indonesia, SDM LPPL harus kuat, Kepala Daerah Harus harus ikut perkuat LPPL di daerah, serta untuk memperkuat ketahanan informasi di daerah.

 

“LPPL kedepannya harus siap dan mampu untuk menyongsong era digital 4.0 yang sudah berkembang menjadi 5.0,” imbuh Gus Ipul.

 

Lebih lanjut Gus Ipul yang juga Wali kota Pasuruan ini menjelaskan, pergantian pimpinan pada sebuah organisasi adalah hal biasa. Harapannya selain ada penyegaran, dari pimpinan yang baru nanti, juga hadir ide dan gagasan anyar, untuk kemajuan LPPL di Indonesia. Mukernas Luar Biasa selain menjadi wadah untuk bermusyawarah untuk mencapai mufakat, juga sarana kita untuk lebih memperteguh rasa persatuan dan kesatuan, serta untuk semakin meneguhkan semangat LPPL Indonesia melalui INDOESIAPERSADA.ID “UNTUK MENYIARKAN BAIK”.

 

Derasnya arus informasi di era globalisasi, LPPL berperan sangat strategis, tetap mengedepankan informasi yang aktual dan menjunjung tinggi kearifan lokal. Apalagi di era pandemi global Covid-19, LPPL sangat berperan penting dalam hal memberikan informasi yang sejelas - jelasnya, karena dengan banyaknya LPPL yang bersatu UNTUK  MENYIARKAN BAIK, informasi itu lebih cepat diterima masyarakat.

 

“Jangan lupa yang utama adalah, Kepala Daerah punya tanggung jawab moral untuk mendukung agar LPPL ini kuat, tidak kalah dengan lembaga penyiaran lain. Baik dukungan anggaran, penguatan SDM maupun dukungan peralatan,” pungkas Gus Ipul.

 

Mukernas Luar Biasa INDONESIAPERSADA.ID dihadiri lebih dari 200 utusan Kabupaten – Kota dan Provinsi seluruh Indonesia yang daerahnya memiliki LPPL Radio dan TV. Juga para Komosioner KPID Provinsi seluruh Indonesia. Sejumlah perwakilan daerah bahkan berkesempatan menyampaikan masukan, saran dan harapan terhadap bagaimana agar LPPL Indonesia bersama NDONESIAPERSADA.ID bisa tumbuh dan berkembang.

 

“Kami dari Sergai FM Sumatera Utara, memang benar – benar merasakan bahwa kita dituntut mampu memberikan konten siaran yang dibutuhkan masyarakat. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Karena itulah kita berharap INDONESIAPERSADA.ID bisa melakukan banyak pelatihan lagi untuk meningkatkan kualitas SDM LPPL di daerah,” terang Budi Purwanto dari Sergai FM Serdang Bedagai Sumatera Utara.

 

Hal senada juga disampaikan perwakilan dari Regional Kalimantan, Halim dari LPPL Radio Suara Tabalong. Begitu juga masukan dan keluhan perwakilan dari Regional Bali – Nusa Tenggara yang diwakili oleh Cokorda Chrisna dari LPPLRPKD Denpasar Bali.

 

“Kita harapkan INDONESIAPERSADA.ID juga bisa lebih memberikan perhatian kepada teman – teman LPPLyang berada di wilayah 3T, di wilayah perbatasan seperti untuk LPPL Radio Suara Kabupaten Kupang,” urai Cok Khris.

 

Sejumlah pendapat juga disampaikan oleh perwakilan pengurus dan Kepala Dinas Kominfo Provinsi. Anggota Dewan Pengarah INDONESIAPERSADA.ID Ir. Eddy Santoso mengharapkan supaya program kegiatan lebih dimantapkam lagi agar semakin memberikan manfaat bagi anggota. Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Umum perwakilan Sumatera H. Yeflin Luandri.

 

Sedangkan Kadis Kominfo Jawa Timur Benny Sampirwanto menyatakan dukungannya bahwa Pemerintah Daerah memang harus berperan dalam menumbuhkembangkan LPPL agar radio dan televisi publik semakin bisa mengambil peran dalam penyebarluasan informasi di daerah. Dan khusus tentang disepakatinya Gubernur Jawa Tengah sebagai Ketua Umum Pengganti Antar Waktu, Kadis Kominfo Jawa Tengah memastikan siap menindaklanjuti, namun menyesuaikan dengan perkembangan kondisi pandemi Covid-19. Serta siap mengkomunikasikan jika nanti serah terima jabatan dilaksanakan saat Peringatan 17 Agustus 2021 di Kota Pasuruan.

 

Sementara itu, sebelum pelaksanaan Mukernas Luar Biasa, diawali dengan Webinar Nasional “Peran LPPL Mengawal Kebijakan Daerah Dalam Penanganan Covid-19” menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

Narasumber yang semula direncanakan Dirjen Polpum Kemendagri Dr. Bahtiar digantikan oleh Direktur Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Dr. La Ode Ahmad, karena Dirjen Polpum mendadak harus mengikuti Rapat tentang Otonomi Khusus Papua dengan DPR RI. Sedangkan narasumber dari BNPB yang semula direncanakan hadir adalah Deputi Bidang Sistem dan Strategi Dr. Raditya Jati, digantikan oleh Pranata Humas Ahli Madya Dra. Rita Rosarita Simatupang, yang berpengalaman sebagai Kepala Bidang Humas BNPB dan Pengelolaan Informasi Publik Kementerian Kominfo RI.* (rit’z)


Acara Webinar Nasional : Mukernas Luar Biasa Indonesia Persada.id, dapat disimak kembali pada berikut ini



 

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GANJAR PRANOWO PIMPIN INDONESIAPERSADA.ID

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan