Iklan

Ibu Hamil dan Lansia Perlu Diberikan Vaksin

Selasa, 22 Desember 2020, Desember 22, 2020 WIB Last Updated 2020-12-21T17:39:00Z

SASARAINAFM.COM I JAKARTA Vaksinasi merupakan intervensi kesehatan masyarakat yang paling efektif dan efisien untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Ada beberapa kelompok masyarakat yang dianggap rentan dan tidak perlu divaksinasi seperti misalnya ibu hamil dan orang lanjut usia (Lansia).

Ilmu kedokteran justru menganjurkan bahwa dua kelompok masyarakat ini perlu vaksinasi. Dirga Sakti Rambe seorang Vaksinolog dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam menjelaskan ibu hamil boleh bahkan sangat penting menerima vaksinasi.

“Kita tahu bahwa banyak penyakit- penyakit infeksi yang bila terjadi pada masa kehamilan, dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dan dapat mempengaruhi kondisi kehamilan secara langsung,” kata Dirga Senin (21/12/2020).

Pada Tayangan Informatif berjudul "Ibu Hamil dan Lansia, bolehkan di Vaksin?” yang disiarkan Komite Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Dirga menjelaskan bahwa ibu hamil yang terkena Influenza, dihubungkan dengan kelahiran premature.

Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan menyarankan agar ibu hamil mendapatkan vaksin Influenza, juga ada beberapa vaksin lainnya yang penting. Namun, Dirga mengingatkan ibu hamil tidak boleh mendapatkan vaksin hidup seperti vaksin MMR, vaksin Campak, vaksin Cacar Air dan itu harus ditunda hingga kehamilannya selesai.

Selain ibu hamil, vaksinasi juga bisa diberikan pada lansia karena terjadi penurunan sistem imunitas akibat proses penuaan. Oleh karena itu, lansia termasuk kelompok yang sangat rentan untuk mengalami penyakit infeksi sehingga ada beberapa rekomendasi khusus vaksinasi pada lansia.

Misalkan vaksin Pneumonia untuk mencegah radang paru yang dapat mematikan bagi lansia. Kedua vaksin Influenza juga penting diberikan untuk lansia karena pada lansia penyakit Influenza dapat berkomplikasi menjadi radang paru yang berat.

“Yang ketiga, vaksin Herpes Zoster atau Cacar Ular, itu juga direkomendasikan untuk lansia. Selain itu, masih ada beberapa vaksin lain yang Anda dapat lihat pada rekomendasi vaksinasi dewasa,” kata Dirga. (Foto: Covid19.co.id)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ibu Hamil dan Lansia Perlu Diberikan Vaksin

Terkini

iklan2

Iklan