Iklan

Wabup Mentawai Ajak Warganya Kembali Kenali dan Cintai Budaya Sendiri

Rabu, 06 November 2019, November 06, 2019 WIB Last Updated 2019-11-06T05:51:33Z
Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake 

SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT-  Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake mengajak warganya untuk  kembali mengenali dan mencintai budaya sendiri.

Kortanius menyebutkan, budaya merupakan identitas daerah, jadi apapun budaya yang dimiliki sudah seharusnya dicintai oleh masyarakatnya, tidak malu dan untuk menjaga agar budaya itu tetap lestari tidak terkikis oleh budaya asing.
“Zaman kami masih sekolah dulu, kalau pergi ke Padang malu pakai bahasa Mentawai, kenapa? Ya karena Malu disebut orang Mentawai itu makan sagu, makan keladi, ubi, psikologi terhadap tindasan budaya Mentawai itulah yang membuat orang Mentawai malu atas budayanya sendiri, kita sendiri tidak mencintai budaya kita, ini yang seharusnya kita hindari, kita jangan malu kepada budaya kita sendiri,  kata Wakil Bupat Kortanius pada kegiatan lokakarya dan pendataan pakaian adat Mentawai di Tuapeijat, Selasa, (5/11).

Lebih lanjut Korta menyebutkan  tradisi orang Mentawai biasanya jika masyarakat Mentawai membuka kebun atau ladang, harus meminta permisi terlebih dahulu, meminta izin, karena menurut Kortanius, tumbuhan atau rumput juga adalah makluk hidup, sebab orang Mentawai menghargai segala sesuatu yang hidup di alam ini.

“Orang Mentawai itu kalau buka kebun, permisi dia ke hutan, permisi dia kepada tanaman atau tumbuhan, karena ada pemahaman orang Mentawai, bahwa  kayu itu, tumbuhan itu hidup sudah ribuan tahun, ratusan tahun, kalau kita menanam pisang supaya kita hidup, kita harus minta permisi, begitu dalam pemahaman nilai budaya Mentawai,” ungkapnya.

Menurut Korta, sikap warga Mentawai terhadap budayanya sendiri tidaklah seperti dulu lagi,  jangankan  untuk meminta izin atau permisi kepada alam, berdoa saja terkadang kata Kortanius tidak pernah bahkan malas.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Mentawai, Oreste Sakeroe, mengatakan budaya Mentawai perlu didalami dan disepakati apa-apa saja pakaian adat Mentawai yang digunakan saat acara, atau penyambutan, menurutnya terkadang saat ada penyambutan pakaian adat Mentawai tidak sesuai atau merasa sungkan karena takut disorot dengan pakaian adat Mentawai yang dipakai.

“Setiap ada penampilan penyambutan atau apa saja kegiatan, kita kadang-kadang ragu-ragu karena takut disorot, apakah pas, apakah tidak layak, maka berdasarkan itu, kita Dinas terkait mau mencoba dalam pertemuan ini sepakat menentukan kalau acara penyambutan tamu, yang kita pakai seperti ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak terkait bertujuan untuk menjawab asumsi-asumsi masyarakat, menurutnya ada keragu-raguan terhadap pakaian adat Mentawai, sebab saat ini banyak bentuk atau model yang sering dipakai saat acara-acara resmi baik pemerintah Kabupaten maupun Kecamatan.

“Kegiatan ini kita dapat memperoleh data, dan kesepakatan bersama mengenai beberapa pakaian adat Mentawai baik jenis-jenisnya, bentuknya, lalu kapan atau momen apa saja yang bisa kita pakai,” ujarnya.

Oreste menyebutkan bahwa tato sikerei sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda secara Nasional pada tahun lalu, termasuk tahun ini warisan budaya tak benda lainnya adalah Sikerei, ia menjelaskan warisan budaya itu ditetapkan secara Nasional milik Kabupaten Kepulauan mentawai.

“Tahun depan kita juga kita dari Dinas terkait akan ke Simatalu rencananya akan tinggal berbulan-bulan bersama pimpinan daerah untuk mencari titik nol asal-usul Mentawai, Simatalu itu banyak, tapi Simatalu yang mana, kan ada Lubaga, ada Simalibbeg, kita akan cari, sudah ada gambaran yang kita dapat, lalu kita coba cari itu, rencananya akan kita bangun tugu Sipeu (bahasa Mentawai) sebagai pusat asal usul budaya orang Mentawai, karena Sipeu itu cerita asal Mentawai,” katanya. (Suntoro)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Wabup Mentawai Ajak Warganya Kembali Kenali dan Cintai Budaya Sendiri

Terkini

iklan2

Iklan