Iklan

Kadinkes Mentawai : Produk Olahan Makanan Harus Sehat Dan Higienis

Senin, 06 Mei 2019, Mei 06, 2019 WIB Last Updated 2019-05-06T07:12:29Z

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mentawai Lahmudin Siregar menghimbau kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya yang bergerak di bidang makanan agar memperhatikan sisi kesehatan dalam mengelola makanan, kemudian kemasannya dan kehigienisannya, guna mendapatkan Izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Hal tersebut disampaikannya melalui media massa baru-baru ini di Tuapejat. Untuk mewujudkan makanan yang sehat dan aman dikonsumsi oleh Masyarakat di Kepulauan Mentawai, pikaknya telah melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap 48 orang pengusa kecil makanan, hasilnya para peserta mendapatkan sertifikat pengolah makanan yang sehat yang menjadi salah satu syarat untuk memberikan label halal terhadap produk makanan tersebut..

"Kami dari Dinas Kesehatan telah memberikan pembinaan kepada pelaku usaha pengolah makanan agar penyajiannya sehat sesuai indikator dari Dinkes, misalnya kemasan, cara pengelolaannya, kandungan gizi dan proteinnya, kemudian pelaku usaha juga harus memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), kemudian selanjutnya mendapatkan label halal dari Majelis Ulama Indosnesia (MUI)," terang Lahmudin.

Ia menyebut sejauh ini para pelaku usaha rumahan masih banyak yang belum memiliki izin kesehatan untuk mengedarkan produk makannya, dimana Dinkes Mentawai mencatat sedikitnya terdapat 130 usaha rumahan pengolah makanan yang terdaftar di Dinkes dan belum mendapatkan izin kesehatan.

"Dari 130 yang terdaftar sebagai pelaku usaha rumahan di Kepulauan Mentawai semuanya belum mendapatkan izin kesehatan, sementara dari 130 pelaku usaha 48 diantaranya telah mengikuti sosialisasi dan pembinaan pengelolaan makanan yang sehat selama 2 hari, semoga dengan diberikannya pembinaan ini, akan terwujud makanan yang sehat di Kepulauan Mentawai, secara bertahap nanti semua pelaku usaha akan kita berikan pembinaan, " paparnya. (red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kadinkes Mentawai : Produk Olahan Makanan Harus Sehat Dan Higienis

Terkini

iklan2

Iklan