Iklan

Tingkatkan Layanan Komunikasi, Pemkab Mentawai Ajukan Bantuan 70 BTS Berbasis 4G

Jumat, 05 April 2019, April 05, 2019 WIB Last Updated 2019-06-20T05:20:53Z
Pemkab Mentawai usulkan bantuan 70 BTS kepada Kemenkominfo RI

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali usulkan bantuan 70 unit Base Transceiver Station (BTS) kepada  Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake menyebutkan usulan bantuan BTS itu guna meningkatkan layanan komunikasi khususnya layanan internet berbasis sistem Fourth Generation Technology atau 4G..

“ sebelumnya telah dipasang beberapa BTS tapi hanya sekedar untuk layanan komunikasi dan pesan singkat saja (SMS), tapi kali ini kita usulkan, agar ada peningkatan terutama dalam menggunakan internet langsung, seperti wifi atau paket data, dengan adanya 4G. itu kita usulkan,”  Kortanius di Tuapejat,  Kamis (4/4)

Ia menjelaskan diusulkannya tower BTS tersebut guna mempercepat akses komunikasi di Kepulauan Mentawai agar bisa menjangkau seluruh wilayah Mentawai yang tersebar di berbagai pelosok, sebab kata Korta jika berpatokan dengan Telkomsel maka pembangunan jaringan komunikasi di Mentawai jadi lambat, dan tentunya banyak persyaratan yang menuntut dibangunnya tower swasta, seperti jumlah konsumen atau penduduk harus lebih dari lima ratus jiwa dalam satu wilayah.

Bukan tanpa alasan Pemkab Mentawai menggalakkan pembangunan jaringan Komunikasi, sebab menurut Kortanius banyak hal yang bisa dimanfaatkan, baik peningkatan ekonomi masyarakat serta sistem kerja pemerintah saat ini sudah menggunakan E- Government atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Disisi lain, Pemerintah pusat menuntut kita mengirimkan data dengan cepat, dengan sistem elektronik, untuk itu kita menyampaikan langsung ke pusat. Kalau pemerintah pusat meminta kita seperti ini, sementara kita di ujung sana belum ada sinyal, kalau hanya menggunakan APBD kami berapa, boleh-boleh saja kami menggunakan APBD, tapi kami membangun infrastruktur menggunakan dana apa,” ungkap Korta.

Selain permohonan adanya BTS berbasis 4G, kata Kortanius, Pemkab Mentawai juga mengusulkan adanya bantuan  jaringan Wifi untuk di daerah-daerah, atau keperluan di Kantor Desa, di Sekolah, serta di gedung pelayanan kesehatan lainnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Layanan Komunikasi, Pemkab Mentawai Ajukan Bantuan 70 BTS Berbasis 4G

Terkini

iklan2

Iklan