Iklan

Kortanius : Pembangunan Kabel Serat Optik Memperluas Jaringan Komunikasi dan Akses Internet di Mentawai

Kamis, 24 Januari 2019, Januari 24, 2019 WIB Last Updated 2019-06-20T05:23:36Z
Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake berharap pembangunan kabel serat optik yang saat ini sedang dalam pengerjaan di Mentawai dapat berdampak semakin meluasnya jaringan telekomunikasi di Mentawai,  “Ini merupakan bahagian dari yang kita perjuangkan, ada pembangunan infrastuktur jalan trans Mentawai saat ini dalam proses, kemudian pembangunan jaringan listrik sudah ada jawaban dan, melalui  Telkom, kita ingin jaringan telekomunikasi dan internet seluruh Mentawai harus sudah dijangkau, itu perjuangan kita,” kata Korta, saat disambangi di runag kerjanya, Rabu (23/1)

Ia menambahkan bahwa selama ini di Kepulauan Mentawai internet yang digunakan hanya langsung dari satelit saja, sehingga tidak maksimal sering terputus dan sulit terkoneksi, maka dari itu pihaknya berinisiatif untuk meminta pemasangan Kabel serat Optik bawah laut..

“Tanggal 26 itu sudah jalan mulai dari Padang targetnya sampai di Mentawai tanggal 31 Januari dan akan kita sambut di Mapaddegat. Jika ini sudah tersambung maka kualitas internet atau Telkom sudah maskimal baik 3G, ataupun 4G nya sudah bagus dan ini bisa dipancarkan di Sikakap, bisa di pancarkan di Siberut maka ini akan lebih baik lagi,” lanjut Kortanius.

Tak hanya itu pembangunan jaringan atau kabel serat optik bawah laut jika sudah siap bisa dipancarkan melui tower – tower yang sudah dipasang di Kecamatn – Kecamatan atau daerah – daerah. Kortanius menjelaskan bahwa saat ini merupakan zaman modern, sehingga Internet saat ini menurutnya sudah menjadi kebutuhan dasar..

“Sehingga pelaporan dari masyarkat atau Desa sudah bisa online, kedepan juga absen pegawai juga sudah online, ini sistem, namun ini juga merupakan tuntutan kita sebagai warga Negara Indonesia, Kepulauan kita terluar ini juga perlu kita awasi, namun bagaimana kita mengawasi jika sarana komunikasi dan akses internet  kita tidak ada,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya untuk pembiayaan pembangunan jaringan komukasi dan akses internet  di bebankan kepada Pemerintah Pusat, untuk itu Kepulauan Mentawai hanya memfasilitasi baik dari segi izin, lokasi, tanah dan sebaginya perlu disiapkan. Sementara pembangunan jaringan kabel serat optik bawah laut tersebut di perkirakan akan rampung paling lambat pada April 2019 mendatang sudah hidup dan bisa digunakan.(Str)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kortanius : Pembangunan Kabel Serat Optik Memperluas Jaringan Komunikasi dan Akses Internet di Mentawai

Terkini

iklan2

Iklan