Iklan

BPBD Mentawai Masih Kekurangan Personel TRC

Senin, 19 November 2018, November 19, 2018 WIB Last Updated 2018-11-19T05:09:16Z
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT - Personel Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk merespon setiap bencana yang terjadi di wilayah Bumi Sikerei yang dimiliki Badan Penanggulangan Beencana Daerah (BPBD) Mentawai masih  minim.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Mentawai Amir Ahmari saat dimintai keterangan Senin, (19/11).

Ia menuturkan, personel TRC BPBD Kepulauan Mentawai hingga saat ini hanya berjumlah enam orang..

Amir menambahkan,  meski Mentawai memiliki wilayah terpisah-pisah oleh pulau, dari jumlah tersebut, setiap personel harus tanggap terhadap setiap bencana di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Dilihat dari potensi bencana di Mentawai, tentu jumlah personel TRC kita yang sejauh ini berjumlah enam orang masih sangat kurang" tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan,  selain memiliki 6 orang personil TRC BPBD Mentawai juga memiliki 10 orang tim kajian cepat.

Ia juga berharap semua unsur OPD terkait agar ikut terlibat dalam proses kajian cepat di lapangan saat terjadi bencana..

"pada dasarnya sebenarnya kita ada operasi gabungan, sebelumnya kita juga pernah sampaikan kepada OPD-OPD terkait,  tapi kesiapan OPD terkait tersebut belum ada.  Jadi kita saja yang turun melakukan kajian cepat di lapangan. Kita berharap OPD seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas PU,  Dinas Kesehatan,  Dinas Sosial dan yang lainnya bersama melakukan kajian cepat dilapangan, " harapnya.

Berdasarkan hasil  pemetaan wilayah dan potensi bencana di Bumi Sikerei serta sesuai  Perka BNPB Nomor 15 Tahun 2012 tentang Pedoman Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana ( Pusdalops PB ) idealnya TRC di  diperkuat setidaknya  24 personel.

"sebenarnya idealnya personil 24 orang. Tapi nantinya, meski kita memiliki jumlah personel yang minim tersebut akan terbagi dengan sistem shift, sehingga TRC dapat siaga dan sigap selama 24 jam dalam merespon setiap bencana" pungkasnya. (Nbl)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPBD Mentawai Masih Kekurangan Personel TRC

Terkini

iklan2

Iklan