Iklan

Peringati Sumpah Pemuda, Ini Ajakan Wakil Bupati Mentawai Kepada Generasi Muda

Senin, 29 Oktober 2018, Oktober 29, 2018 WIB Last Updated 2018-10-29T08:08:01Z

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT - Pemuda harus menjadi pionir pemersatu bangsa, karena generasi muda merupakan benteng terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake  saat memberikan amanat pada upacara peringatan 90 Tahun Hari Sumpah Pemuda di Halaman Kantor Bupati Senin, (29/10).

"pemuda harus menjadi pemersatu bangsa. Pemuda kita pada  90 tahun silam mampu mempersatukan agama, ras dan suku, meski Indonesia terdiri dari ribuan pulau. Semangat seperti itu yang harus dimiliki pemuda saat ini" kata Kortanius.

Lebih lanjut Kortanius menuturkan, tantangan dan hambatan bahkan ancaman silih berganti baik dari internal maupun eksternal. Maka, sudah menjadi keniscayaan, perjalanan sebuah bangsa pasti mengalami fluktuatif atau pasang surut..

“kebangkitan kita sebagai sebuah bangsa, tercermin pada momentum sumpah pemuda, semangat kesadaran sebagai satu tumpah darah tanah Indonesia, satu bangsa Indonesia dan satu bahasa Indonesia” tuturnya.

Menurutnya, kesadaran dan semangat sebagai satu bangsa, satu nasib, satu penderitaan dan satu tujuan inilah yang kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dia menambahkan, Sumpah Pemuda merupakan salah satu kejadian penting dalam pergerakan untuk kemerdekaan Indonesia. Sumpah atau ikrar sejumlah pemuda inilah yang menjadi penyemangat bangsa demi cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Kortanius juga menegaskan saat membacakan pidato Menteri Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi,  generasi muda saat ini harus memiliki karakter dan kapasitas agar memenangkan pertarungan di berbagai bidang diantaranya, generasi muda harus memiliki kualitas integritas yang tinggi, memiliki kapasitas keahlian, intelektual yang cukup serta mumpuni dan karakter pemuda dengan jiwa kepemimpinan yang peduli dan profesional. (Nbl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringati Sumpah Pemuda, Ini Ajakan Wakil Bupati Mentawai Kepada Generasi Muda

Terkini

iklan2

Iklan